Senin, 25 Januari 2016

[Dunia] Bandar Kolombia Selundupkan 127 Kg Kokain di Kapal AL Spanyol

https://yourfacts.files.wordpress.com/2012/01/juansebastiandeelcanoship.jpgKapal latih milik AL Spanyol, Juan Sebastian Elcano [yourfacts]

Dua pria Kolombia menyelundupkan heroin dan kokain dalam jumlah besar di kapal pelatihan resmi milik Angkatan Laut Spanyol. Demi menyelundupkan narkoba ke New York, Amerika Serikat, bandar narkoba itu menyuap ribuan dolar kepada sejumlah taruna kapal.

Kantor jaksa khusus kasus narkotika New York, Bridget Brennan, memaparkan kedua pria itu ditangkap pada Kamis (21/1) di Kolombia. Keduanya didakwa melakukan perdagangan narkoba dari Cartagena, Kolombia kepada pemasok yang berbasis di New York.

Penyelundupan ini terjadi pada 2014, ketika kedua pria ini membayar US$32 ribu (Rp441 juta) untuk menyuap para taruna kapal latihan milik AL Spanyol, Juan Sebastian Elcano. Kapal bertiang empat ini merupakan kapal tinggi terbesar ketiga di dunia dengan luas 113 meter.

Para taruna kapal menyelundupkan narkoba yang diambil di Cartagena dan menempuh perjalanan internasional selama enam bulan, lalu menyerahkannya ke pemasok di New York pada April 2014, ketika kapal itu berlabuh di Manhattan West Side, dekat dengan kapal induk USS Intrepid.

Kapal Juan Sebastian de Elcano merupakan kapal yang kerap melakukan perjalanan internasional ke berbagai negara. Pihak berwenang di Spanyol menemukan 127 kg kokain dari kapal itu, setelah kapal itu kembali dari New York.

"Menjadi obyek wisata di mana pun [kapal ini] berlabuh, kapal ini menjadi sarana yang sempurna bagi para penyelundup [narkoba] karena melintasi Samudera Atlantik dan kembali membawa kargo ilegal," kata Brennan dalam rilisnya.

Pihak berwenang New York kini tengah menanti para tersangka, yang diidentifikasi bernama Jorge Luis Hoayeck dan Jorge Alberto Siado-Alvarez, untuk diekstradisi ke Amerika Serikat. (ama)

  CNN  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...