Rabu, 27 Januari 2016

Kami Bosan Berjuang, Tidak Ada Hasil

 Alasan 10 Anggota OPM Serahkan Diri 
https://images.detik.com/community/media/visual/2016/01/26/ec74019c-313f-4d01-a913-73f54376ceed.jpg?w=3264Foto: Wilpret Siagian/detikcom

10
Anggota Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) menyerahkan diri ke Polda Papua. Anak buah Goliat Tabuni mengaku sudah bosan berjuang, tapi minim hasil.

"Kami secara ikhlas bergabung menjadi warga Indonesia. Kami sudah bosan berjuang, hasil yang kami capai tidak ada dan kami malah menderita," kata salah satu anggota OPM, Terinus Enumbi, kepada detikcom di ruang Cenderawasih Mapolda Papua, Selasa (26/1/2016).

Terinus Enumbe merupakan orang kepercayaan Goliat Tabuni. Dia menjabat sebagai komandan peleton.

Selain Terinus, ada juga nama Melodi Wonda yang akan menyerahkan diri. Melodi merupakan komandan penyerangan kelompok Goliat Tabuni. Dia tidak hadir di Polda Papua karena menunggu ibunya yang sakit.

Kedatangan 10 anggota OPM disambut Wakapolda Papua, Brigjen Pol Rudolf Rodja, Waaslog Kodam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Lukman, dan Bupati Puncak Jaya, Drs Henock Ibo. Rudolf Rodja mengatakan, keinginan 10 orang anggota TPN/OPM untuk bergabung ke NKRI disambut dengan baik. Mereka diharapkan kembali ke masyarakat dan bersama-sama membangun Papua.

"Kita semua menginginkan Papua damai. Tidak ada lagi pertumpahan darah di Tanah Papua, itu yang kita harapkan," ujarnya.

Di bawah ini adalah nama-nama 10 anggota OPM yang menyerahkan diri:

1. Terianus Enumbi (Danton TON/OPM Tingginambut)
2. Yandu Enumbi (anggota)
3. Telak Kogoya (anggota)
4. Tendison Enumbi (anggota)
5. Paindin Enumbi (anggota)
6. Yalingga Enumbi (anggota)
7. Berengup Enumbi (anggota)
8. Kopinggup Enumbi (anggota)
9. Iend Enumbi (anggota)
10. Tendiron Enumbi (anggota)

Pada Maret 2015 lalu, Goliat Tabuni dan 23 pengikutnya juga menyerahkan diri. Goliath Tabuni selama ini dikenal sebagai Panglima Tentara Pembebasan Nasional (TPN)-Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang bermarkas di Tingginambut Puncak Jaya, Papua. Dia dilantik menjadi Panglima Tinggi TPN-OPM dengan pangkat jenderal pada tanggal 11 Desember 2012. (try/try)

  ★ detik  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...