Sabtu, 30 Januari 2016

[Dunia] Jepang Pamer Pesawat Siluman Pertamanya

✈ Pesawat Siluman X2Penampankan dari pesawat tempur siluman X-2 milik Jepang (intelijen)

Pada Kamis 28 Januari 2016, Jepang memperlihatkan pesawat siluman pertama mereka, dimana Negeri Sakura ini membuat dan mengembangkan pesawat tersebut sendiri.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jepang memamerkan pesawat tempur X-2 yang dikembangkan secara domestik. Pesawat yang dilaporkan mampu menghindari deteksi radar ini dipamerkan di bandara Kota Komaki, Jepang.

Pesawat ini dijadwalkan akan menjalankan terbang perdananya pada pertengahan Februari tahun ini, sebelum diserahkan sepenuhnya kepada Kemhan. Pesawat siluman X-2 ini dikembangkan oleh perusahaan Mitsubishi Heavy Industries.

Pesawat ini memiliki panjang 14,2 meter dengan lebar 9,1 meter, pesawat ini dikabarkan dikembangkan untuk menjadi penerus pesawat tempur F-2 yang dikembangkan oleh Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Hingga saat ini hanya AS, Rusia dan China yang diakui dunia telah berhasil mengembangkan dan menerbangkan pesawat siluman. Dengan X-2 ini, diduga Jepang juga ingin memperlihatkan kemampuan teknologi mereka untuk mengembangkan pesawat tempur siluman.

Sebagaimana dilansir dari AFP, Jumat (29/1/2016) Jepang mengeluarkan dana sebanyak 39,4 milyar Yen atau sekira Rp 4,5 Triliun demi mengembangkan pesawat siluman ini. (wab)
 

  Okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...