Senin, 25 Januari 2016

Indonesia Kirim Kapal Rumah Sakit ke Timor Leste

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya memelihara hubungan baik kedua negara. KRI DR Soeharso 990 [sindonews]

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, melepas keberangkatan kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso (SHS)-990 ke Republic Democratic of Timor Leste (RDTL) di Dermaga Semampir, Ujung, Surabaya, Senin (25/01/2016).

"Pelayaran KRI SHS-990 yang akan ditempuh dalam waktu empat hari menuju Timor Leste merupakan kegiatan sosial dan kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini antara Negara Republik Indonesia (RI) dengan Negara Timor Leste. Dengan memberangkatkan 250 personel termasuk para dokter dalam misi pelayanan kesehatan ini, diantaranya terdiri dari Tim Kesehatan Kemhan RI, Satgaskes TNI AD dari tenaga spesialis RS Gatot Subroto, Ditkesad dan Yonkes 2/2 Kostrad, Satgaskes TNI AL dari RS Dr Ramelan, Yonkes 1 Marinir dan Satgaskes TNI AU dari RUSPAU dr Hardjoloekito dan RSAU dr Esnawan," ujar Pangarmatim dalam konferensi pers di Lounge Majapahit Koarmatim.

Kapal Rumah Sakit KRI SHS – 990 yang dikomandani Letkol Laut (P) Azhari Alamsyah membawa 150 Anak Buah Kapal (ABK).

Selain melaksanakan bantuan sosial, kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso (SHS)-990 membawa misi meningkatkan kerjasama angkatan bersenjata kedua negara, sebagai bagian dari Confidence Building Measures, serta membawa misi diplomatik pemerintah Indonesia sebagai negara poros maritim dunia yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sasaran dalam misi ini adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada tentara RDTL, veteran dan keluarganya serta masyarakat umum dengan target pasien sebanyak 2000 orang.

Pelayanan pengobatan yang akan dilaksanakan meliputi pengobatan umum, gigi dan pemeriksaan dini stroke serta pelayanan operasi katarak, pyterygium, bibir sumbing, hernia, struma, hemorrhoid, lipoma, tonsilektomi dan khitan.

Adapun pejabat onboard dalam pelayaran ke Timor Leste diantaranya, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertahanan (DWP Kemhan) Nora Ryamizard Ryacudu, Karumkital Ramelan Laksma TNI I Dewa Gede Nalendra DI, dan Dirkes Kuathan Kemhan Brigjen TNI Hardjanto.

Hadir dalam pelepasan KRI SHS-990 diantaranya adalah Dirjen Kuathan Kemhan Laksda TNI Agus Purwoto, para pejabat utama Mako Koarmatim, dan para peserta upacara yang mengiringi keberangkatan Duta Bangsa Indonesia dalam melaksanakan misi kemanusiaan di Timor Leste.

  Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...