Jumat, 11 November 2016

Jokowi Langsung Sambangi Markas Marinir

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2016/11/11/04ce973b-6de4-4afe-a75e-fc8bc97c39cd_169.jpg?w=780&q=90[Ray Jordan/detikcom]

Selepas memberi arahan kepada pasukan Korps Brimob di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Presiden Joko Widodo langsung bergeser ke kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Jokowi hendak memberi pengarahan kepada pasukan Marinir.

Jokowi tiba di Markas Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, sekitar pukul 09.55 WIB, Jumat (11/11/2016). Rencananya, Jokowi juga akan memberi pengarahan kepada prajurit Marinir.

Pantauan detikcom sebanyak 8 batalyon pasukan upacara Marinir sudah berbaris rapi. Mereka mengenakan pakaian loreng serta topi baret khas Marinir.

Selain itu, juga terlihat beberapa tank dan alutsistas lainnya disiagakan di belakang barisan pasukan Marinir.

Jokowi masuk ke lapangan upacara pukul 10.09 WIB. Jokowi berdiri di atas Tank BMP3F jenis amphibi. Tak lama kemudian, upacara dimulai dengan menyanyikan Mars Marinir. (jor/aan)
Sebagai Panglima Tertinggi Saya Ingin Pastikan Semua Loyal
https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2016/11/11/706b040f-3f51-4744-a2a5-50aadbca899f_169.jpg?w=780&q=90Jokowi berdiri di atas tank BMP3F jenis amphibi. [Ray Jordan/detikcom]

Dalam dua hari ini, Presiden Joko Widodo melakukan safari militer, yakni mengunjungi satu persatu korps baik dari TNI dan Polri. Apakah tujuan Jokowi melakukan kunjungan itu?

Saat ditanya, Jokowi mengatakan dirinya memang sengaja ingin menemui para prajurit. Tujuannya untuk dekat dengan para prajurit baik TNI maupun Polri.

"Pertama, memang saya belum pernah mengunjungi prajurit-prajurit saya sebagai panglima tertinggi," kata Jokowi di Markas Korps Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2016).

Kedua, lanjut Jokowi, sebagai panglima tertinggi, dia ingin memastikan sikap loyal para prajurit TNI dan Polri.

"Saya ingin memastikan bahwa semuanya loyal kepada negara, setia pada Pancasila, pada UUD 1945, NKRI, Kebhinekaan kita. Sehingga, kalau sudah bertemu dan dekat seperti ini bisa kita rasakan prajurit kita siap," kata Jokowi.

"Memastikan itu saja," tambahnya.

Sebelumnya, pada Kamis (10/11) kemarin, Jokowi menyambangi dan memberi arahan kepada Korps Kopassus di Mako Kopassus, Cijantung, Jaktim. Pada hari ini, safari militer Jokowi berlanjut dengan menyambangi Markas Korps Brimob Polri di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok dan dilanjutkan dengan menyambangi Markas Marinir di Cilandak, Jaksel. (rjo/rvk)
Loyalitas Marinir Tak Diragukan, Hadapi yang Mengganggu Persatuan!
https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2016/11/11/8bf2ac50-8f1a-4ff0-bb89-d1946db8319c.jpg?w=780&q=90Jokowi di Mako Marinir

Dalam safari militer Presiden Joko Widodo, Korps Marinir mendapat banyak pujian. Selain memastikan soal loyalitas, Jokowi meminta agar Marinir menghadapi pihak-pihak yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

"Prajurit Korps Marinir adalah prajurit TNI yang disegani, yang selalu akan hadir di setiap ladang pertempuran di seluruh pelosok nusantara demi keutuhan NKRI," ungkap Jokowi dalam sambutannya di Mako Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2016).

Tah hanya itu, Jokowi memuji Marinir sebagai pasukan yang selalu mendapat apresiasi dari negara-negara sahabat. Terutama ketika bertugas sebagai pasukan perdamaian dunia.

"Kita tahu loyalitas Korps Marinir pada rakyat, pada bangsa, pada negara, tidak perlu diragukan lagi," kata dia,

Jokowi pun memberi perintah khusus kepada para prajurit korps baret ungu itu. Ia meminta agar Marinir dapat mengerahkan seluruh kekuatannya untuk memastikan kedamaian di NKRI.

"Sebagai panglima tertinggi TNI, saya memerintahkan kepada perwira dan prajurit Marinir untuk menjadi yang terdepan dalam menghadapi setiap kekuatan, yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa," perintah Jokowi.

"Sebagai tentara nasional, prajurit Korps Marinir harus menjadi kekuatan perekat kemajemukan dan pantang menyerah dalam menjaga NKRI," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan dirinya mengingatkan untuk seluruh prajurit TNI untuk memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Serta untuk selalu setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta menjaga Bhinneka Tunggal Ika.

"Selalu membela ideologi negara serta Pancasila. Tetaplah sebagai benteng negara dan bangsa Indonesia," tandas Jokowi.

Seperti diketahui Jokowi tengah melakukan safari militer dalam dua hari terakhir. Setelah dari Kopassus kemarin, Kamis (10/11), hari ini Jokowi bertandang ke Mako Brimob dan Mako Marinir. Di lokasi terakhir, tampak Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menemani. (elz/fjp)

 ♖ detik  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...