Sabtu, 06 Mei 2017

Skadron Teknik 021

✈ Tulang Punggung Perawatan Pesawat di Lanud Halim CN235 nomor ekor A-2304 di Skadron Teknik 021. [Roni Sontani]

Skadron Teknik (Skatek) 021 berperan sebagai tulang punggung perawatan dan penyiapan pesawat yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Skadron ini melaksanakan perawatan tingkat sedang semua pesawat dari empat skadron udara yang ada di Lanud Halim. Yakni Skadron Udara 2 (Angkut Sedang), Skadron Udara 31 (Angkut Berat), Skadron Udara 17 (VIP/VVIP fixed wing), dan Skadron Udara 45 (VIP/VVIP rotary wing).

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Fadjar Prasetyo menyatakan, atas perannya tersebut Skatek 021 merupakan satuan yang sangat strategis. Skadron ini bertanggung jawab dalam mempertahankan dan meningkatkan kesiapan pesawat.

Terkait program zerro accident yang dicanangkan TNI Angkatan Udara, lanjut Fadjar, para perwira teknik dan anggota Skatek 021 dituntut dapat menunjukkan profesionalismenya dalam bekerja.

Harus profesional, bekerja sesuai dengan technical order, petunjuk yang ada, serta sesuai dengan SOP (standard operating procedure) sehingga menghasilkan pesawat yang baik dan serviceable,” kata Danlanud Halim saat ditanya wartawan seusai memimpin upacara serah terima jabatan Danskatek 021 dari Letkol Tek Ruhimat (AAU 1996) kepada Letkol Tek Johny Marlon Runtuwene (AAU 1997) di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Akan halnya Skadron Teknik 021, satuan yang memiliki motto “Kami Jamin Anda di Udara” ini tergabung di Lanud Halim Perdanakusuma sejak 1960-an. Saat itu skadron ini bernama Skadron Teknik Nomor 1. Pada 17 Mei 1966, Skadron Teknik Nomor 1 diubah namanya menjadi Skadron Teknik 021.

Author: Roni Sontani

  angkasa  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...