Rabu, 26 Juli 2017

Jokowi Ingatkan agar Tak Beli Alutsista Berumur Pendek

Ujitembak MBT Leopard2RI menjelang lantacab di martapura [nufix@def.pk] ★

A
lat utama sistem persenjataan (alutsista) adalah komponen penting dalam pertahanan dan keamanan. Namun tak jarang alutsista yang dimiliki negara berumur relatif pendek.

"Pengadaan alutsista harus memperhatikan pendekatan daur hidup, tidak boleh lagi Indonesia membeli, misalnya pesawat tempur, tanpa memperhitungkan biaya daur hidup alutsista tersebut 20 tahun ke depan," kata Jokowi saat memimpin rapat di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

Alutsista juga merupakan investasi pertahanan sehingga pengadaannya juga harus memperhatikan perkembangan teknologi.

"Kita juga harus betul-betul menghitung dan mengantisipasi perubahan yang sangat cepat, terutama dalam teknologi persenjataan, yang akan mempengaruhi corak peperangan di masa yang akan datang," tutur Jokowi.

Jokowi juga tak ingin pengadaan alutsista jadi lahan untuk praktik korupsi. Hal itu karena alutsista dibeli dengan uang rakyat.

"Tidak ada lagi toleransi terhadap praktik-praktik korupsi, praktik mark up, dan saya peringatkan juga bahwa alutsista ini dibeli dari uang rakyat untuk bisa digunakan untuk TNI dalam melindungi rakyat, melindungi bangsa, melindungi negara dari segala bentuk ancaman yang ada," kata Jokowi. (bag/nvl)

  detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...