Selasa, 22 Agustus 2017

Bangkai Pesawat Tanpa Awak di Garut Milik Kemenhan

Ungkap TNI[istimewa]

KEPALA Staf Komando Distrik Militer 0611 Garut, Mayor Inf Aat, menyatakan, bangkai pesawat tanpa awak yang ditemukan warga di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (20/8) kemarin, diketahui milik Kementerian Pertahanan yang sebelumnya digelar kegiatan penembakan pesawat saat pengujian roket di pantai selatan Garut, Jumat (18/8).

"Saat kena tembak pesawat tersebut jatuh ke arah barat karena anginnya cukup kencang menggunakan parasut warna oranye dan dicari bangkainya, namun tidak ditemukan," kata Aat kepada wartawan di Garut, Senin (21/8).

Ia menuturkan, bangkai pesawat tanpa awak itu merupakan jenis Drone Bhanse 6547 T2 yang digunakan untuk uji coba roket Start Treak buatan Prancis. Pesawat tersebut, kata dia, sudah diserahkan ke Direktorat Peralatan Angkatan Darat untuk selanjutnya dibawa ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Kecamatan Cikelet.

"Bangkai pesawat latihan tersebut akan dibawa ke Jakarta untuk diserahkan kepada pihak Kementerian Pertahanan," katanya.

Ia menyampaikan, pesawat tersebut kena tembak kemudian jatuh ke arah barat, selanjutnya dilakukan pencarian, tetapi tidak ditemukan.

"Anginnya cukup kencang menggunakan parasut warna oranye dan dicari bangkainya namun tidak ditemukan," katanya.

Ia menambahkan, setelah diketahui pemilik pesawat tersebut, maka dipastikan bukan pesawat asing atau pengintai seperti isu yang berkembang di masyarakat.

"Dengan ini saya memastikan bahwa pesawat tanpa awak tersebut bukanlah pesawat mata-mata, namun pesawat yang digunakan untuk latihan atau pengujian roket," katanya.

Sebelumnya, warga bersama polisi/TNI mengamankan pesawat tanpa awak di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu.

Pesawat tersebut berwarna kombinasi oranye dan kuning dalam kondisi yang tidak utuh, bagian depannya sudah rusak, sedangkan bagian belakang dan dalamnya masih menyerupai pesawat. (Ant/OL-2)
 

  Media Indonesia  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...