Rabu, 29 April 2015

[World] Jepang-AS ungkap kesepakatan pertahanan baru

Jepang dan Amerika Serikat mengumumkan panduan baru kerja sama pertahanan sementara pemimpin Jepang Shinzo Abe mengunjungi AS untuk melakukan sejumlah perundingan. Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida dan Menlu AS John Kerry di New York.

Panduan ini memungkinkan Jepang menerapkan peran militer yang lebih aktif, disamping menegaskan dukungan Amerika terhadap Jepang.

Menteri Luar Negeri John Kerry mengatakan dukungan AS terhadap pertahanan Jepang "tidak bisa berubah", termasuk terkait sejumlah pulau sengketa.

Undang-undang dasar Jepang yang pasifis saat ini hanya mengizinkan aksi pembelaan diri, tetapi Abe mengatakan perlu dilakukan pengkajian kembali.

Perubahan apa pun kemungkinan besar akan membuat para tetangga Jepang di Asia Timur sangat khawatir.

Abe dijadwalkan mengunjungi tempat pemboman lomba maraton Boston tahun 2013 pada hari Senin (27/04) sebelum mengunjungi Washington untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Barack Obama pada hari Selasa.

Perubahan kebijakan ini diumumkan di New York oleh Kerry dan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida.

"Panduan yang kami kerjakan, yang kami umumkan hari ini, akan meningkatkan keamanan Jepang, mengatasi ancaman dan menyumbangkan perdamaian dan stabilitas kawasan," kata Kerry.

  BBC  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...