Rabu, 18 November 2015

AS Janji Beri US$ 259 Juta untuk Keamanan Maritim

Janji dukungan ke Filipina, Vietnam, Indonesia dan MalaysiaPresiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan sambutan seusai meninjau kapal BRP Gregorio del Pilar di Manila, Filipina, Selasa (17/11/2015).

Amerika Serikat (AS) pada Selasa (17/11) berjanji akan memberikan dana sebesar US$ 259 juta kepada sekutunya di Asia Tenggara untuk keamanan maritim, menyusul meningkatnya ketegangan di atas pulau buatan Beijing di Laut Tiongkok Selatan.

Janji dukungan ke Filipina, Vietnam, Indonesia dan Malaysia datang tidak lama setelah Presiden AS Barack Obama tiba di Manila menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pemimpin Asia-Pasifik (APEC).

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih menyatakan AS berkomitmen mendanai US$ 119 juta untuk kawasan tersebut pada tahun ini. Kemudian US$ 140 juta sisanya dialokasikan untuk 12 bulan ke depan. "Kami meningkatkan kapasitas keamanan maritim sekutu dan mitra kami untuk menanggapi ancaman di perairan pantai mereka. Langkah ini untuk memberikan keamanan maritim lebih luas di seluruh wilayah," bunyi pernyataan itu.

Filipina, salah satu sekutu Washington di Asia sekaligus penentang atas tindakan Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan, akan mendapatkan paling banyak dukungan. Filipina akan menerima paling banyak dibandingkan negara lain yaitu US$ 79 juta untuk meningkatkan keamanan maritim.
 

  Berita Satu  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...