Jumat, 20 November 2015

[World] Spanyol Terbitkan Perintah Penangkapan Netanyahu

Israel Sewotnetanyahu_warcriminalsticker [indybay]

Spanyol bikin berang Israel. Surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, direspons keras dalam protesnya oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Israel.

Sebelumnya, pengadilan nasional Spanyol mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu, serta enam pejabat dan mantan pejabat Israel.

Mereka adalah Menteri Pertahanan Ehud Barak, mantan Menteri Luar Negeri Avigdor Leibermann, mantan Menteri Urusan Strategis Moshe Yaalon, Mantan Menteri Dalam Negeri Eli Yishai, Menteri (tanpa jabatan) Benny Begin dan perwira Angkatan Laut Laksamana Madya Eliezer Marom.

Surat itu adalah landasan buat kepolisian Spanyol, untuk menangkapi Netanyahu dan enam nama di atas, jika selangkah saja memijakkan kaki di mana pun di wilayah negeri Matador tersebut.

Surat tersebut keluar terkait kasus penyerangan Freedom Flotilla pada 2010 lalu. Penyerangan Freedom Flotilla merupakan serangkaian aksi agresif tentara Israel terhadap sejumlah kapal bantuan kemanusiaan, saat konflik Gaza pecah lima tahun silam.

Kapal Mavi Marmara dan lima kapal lain dengan total 500 penumpang yang mayoritas aktivis kemanusiaan, diserang tentara Israel, lantaran mencoba mendobrak blokade Jalur Gaza via laut. Serangan itu menyebabkan 10 aktivis HAM tewas.

Merespons hal itu, juru bicara Kemenlu Israel, Emmanuel Nachshon segera bertemu otoritas Spanyol. Israel sewot dan menuntut surat perintah penangkapan Netanyahu itu dibatalkan.

Kami menganggap (surat penangkapan) itu sebagai sebuah provokasi,” cetus Nachshon, sebagaimana dikutip Independent, Kamis (19/11/2015).

Kami saat ini tengah bertemu dengan para pejabat otoritas Spanyol, untuk meminta (surat penangkapan) itu dibatalkan. Semoga persoalan ini segera berakhir,” tandasnya.

 Jika Injakkan Kaki di Spanyol, PM Israel Bakal Ditangkap 
freedom-flotilla [warincontext]

Peringatan keras dilayangkan Spanyol untuk sejumlah pejabat Israel, termasuk Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu. Jika setapak saja mereka menginjakkan kaki di tanah Matador, Netanyahu Cs bakal ditangkap.

Kabar itu datang pasca-Pengadilan Nasional Spanyol, menerbitkan surat perintah penangkapan untuk PM Israel dan enam pejabat dan mantan pejabat negeri Zionis tersebut.

Seperti dikutip Independent, Kamis (19/11/2015), Hakim Pengadilan Nasional Spanyol, José de la Mata, mengeluarkan surat perintah tersebut, untuk menggerakkan kepolisian Spanyol agar menangkap, terkait penyerangan Freedom Flotilla pada 2010 lalu.

Penyerangan Freedom Flotilla merupakan serangkaian aksi agresif tentara Israel terhadap sejumlah kapal bantuan kemanusiaan, saat konflik Gaza pecah lima tahun silam.

Sekitar enam kapal dengan 500 penumpang yang mayoritas aktivis kemanusiaan kala itu, diserang tentara Israel, lantaran mencoba mendobrak blokade Jalur Gaza via laut. Serangan itu menyebabkan beberapa aktivis HAM tewas.

Selain Netanyahu, mereka yang juga akan ditangkap adalah Menteri Pertahanan Ehud Barak, mantan Menteri Luar Negeri Avigdor Leibermann, mantan Menteri Urusan Strategis Moshe Yaalon, Mantan Menteri Dalam Negeri Eli Yishai, Menteri (tanpa jabatan) Benny Begin dan perwira Angkatan Laut Laksamana Madya Eliezer Marom. (raw)

   Okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...