Senin, 16 November 2015

Korps Marinir Dukung Kembalikan Kejayaan Maritim

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Korps Marinir TNI ALHUT Marinir

K
orps Marinir TNI AL mendukung program mengembalikan kejayaan maritim seperti jaman Sriwijaya dan Majapahit dengan melakukan penanaman satu juta terumbu karang dari Sabang sampai Merauke bersama masyarakat.

Hal tersebut merupakan salah satu kegitan acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Korps Marinir TNI AL dengan tema 'Kuat Bersama Rakyat Berkarakter Maritim' yang diberpusat di Lapangan Apel Ksatriaan Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta, Minggu (15/11).

"Sebagaimana yang pernah diukir oleh Sriwijaya dan Majapahit adalah dengan menjadi trigger dalam penyelamatan pesisir," kata Kepala Dispen Kormar Letkol Marinir Suwandi di sela upacara HUT ke-70 Marinir.

Dia menjelaskan, penanaman satu juta bibit terumbu karang tersebut dilakukan di 51 lokasi dari Sabang sampai Merauke. Jika bibit terumbu karang tersebut dikumpulkan luasnya mencapai 100 hektare.

"Penanaman ini melibatkan seluruh komponen bangsa. Penanaman dilanjutkan dengan pemantauan dan pemeliharaan bersama yang menggambarkan kebersamaan antara rakyat dan marinir," ucapnya.

HUT ke-70 Marinir kali ini dimeriahkan berbagai acara antaran lain, kirab prajurit, atraksi kendaraan tempur marinir, atraksi terjun payung oleh 70 peterjun dari TNI dan Polri, demo serangan kilat, wushu, dan 'mixed martial art'.

"Ada sekitar dua ribu pasukan. Kemudian tanknya juga banyak sekali, kalau dihitung sama di luar lapangan ini bisa ratusan jumlahnya," kata Kepala Pusat Komando dan Pengendalian Angkatan Laut (Kapuskodal) Letkol David.

Selain itu, ada juga kolone senapan marinir junior yang melibatkan anak-anak. Menurutnya, anak-anak sengaja dilibatkan dalam salah satu atraksi dalam upacara militer ini agar memberikan kesan dan kejutan kepada masyarakat yang hadir.

"Anak-anak ini telah dilatih kesiapannya, termasuk teknis keamanan agar atraksi tidak membahayakan anak-anak tersebut," ucap David.

Dalam acara ulang tahun ini, juga diadakan berbagai kegiatan kepada masyarakat antara lain pengobatan gratis, donor darah, dan Marines Base Open Day. Sementara itu, bertindak selaku inspektur upacara adalah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi.

  Berita Satu  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...