Minggu, 30 Oktober 2016

KAL Wayag Perkuat Lantamal Sorong

⚓️ Disambut Danlantamal XIV KAL Wayag I-14-10

Kapal Angkatan Laut (KAL 28 M) buatan Indonesia dalam hal ini "PT. Karimun Anugerah Sejati" memperkuat jajaran Lantamal XIV Sorong. Kapal Angkatan Laut tersebut adalah KAL Wayag I-14-10.

Acara penyambutan KAL Wayag I-14-10 dipimpin oleh Komandan Lantamal XIV Laksamana Muda TNI S.S Panjaitan, M.Si. (Han) pada hari Kamis tanggal 27 Oktober 2016 di dermaga Mako Lantamal XIV. Acara penyambutan KAL Wayag dihadiri oleh Wadan Lantamal XIV Kolonel Marinir Endang Taryo, S.E. para Asisten Danlantamal XIV, Dir Polair Polda Papua Barat Kombes Pol G.R. Gultom, perwakilan PSDKP Sorong, para Kadis dan Kasatker Lantamal XIV. Acara penyambutan kedatangan KAL Wayag ditandai dengan pengalungan bunga kepada Komandan KAL Wayag, Kapten Laut (P) Eko Hadi Suharno.

KAL Wayag I-14-10 memiliki panjang 30,50 meter, lebar 6,20 meter, kecepatan maksimum 28 knot, daya tahan hingga 648 Nm (36 jam pada kecepatan 18 knot), berat penuh 70 ton berbahan alluminum alloy dan diawaki 15 personil ABK. Dengan dimensi yang relatif kecil, kapal buatan PT. Karimun Anugerah Sejati akan dapat bermanuver dengan lincah, bahkan di alur perairan yang sempit sehingga mudah untuk melakukan pengejaran, pengintaian terhadap berbagai ancaman kejahatan dan pelanggaran hukum dan kedaulatan di laut. Kapal ini dirancang untuk melaksanakan tugas operasi keamanan laut terbatas dan memperkuat pengamanan di sekitar Pangkalan Angkatan Laut.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lantamal XIV, Laksamana Pertama TNI S.S Panjaitan, M.Si. (Han) mengatakan bahwa dengan bertambahnya alutsista yang dimiliki Lantamal XIV, akan menambah sarana operasi Lantamal XIV Sorong untuk mengamankan wilayah perairan kepulauan Papua, maka secara langsung akan menambah kekuatan TNI Angkatan Laut dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia. KAL Wayag ini merupakan produksi dalam negeri karya anak bangsa dan kita bangga mengunakan produksi dalam negeri.

  ⚓️ Lantamal XIV  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...