Sabtu, 05 November 2016

Menhan Brasil Akui Profesionalisme Prajurit KRI Bung Tomo – 357

Mail bag transfer sebagai salah satu bagian dari Replenishment at sea (pembekalan di laut) sangat berperan dalam menjaga kerahasiaan, efisiensi waktu, memperpanjang kehadiran unsur-unsur kapal perang di laut serta sebagai salah satu cara untuk mendukung kepentingan taktis kapal-kapal perang di laut.

Oleh karena itu, dalam rangka mempertahankan kemampuan dan meningkatkan profesionalisme unsur unsur MTF (Maritime Task Force) UNIFIL, KRI Bung Tomo – 357 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, dan kapal perang Angkatan Laut Brasil BRS Liberal yang dikomandani oleh Captain (N) Marcelo Da Silva Gomes melaksanakan latihan Mail bag transfer. Latihan bersama ini juga dimaksudkan untuk menjaga sinergitas antar unsur MTF yang bertugas menjaga perdamaian di laut Mediterania.

Disamping itu, latihan bersama ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat Seaman Brotherhood antar prajurit-prajurit Angkatan Laut kedua kapal, sehingga diharapkan akan semakin memperkokoh hubungan dan kerjasama kedua Angkatan Laut maupun kedua Negara yang sudah terjalin selama ini.

Mekanisme latihan Mail bag transfer antara KRI Bung Tomo – 357 dan BNS Liberal diawali dengan pengecekan komunikasi dan kompas antar kedua kapal, selanjutnya dari formasi berbanjar/baris, kapal yang berada di belakang bergerak ke samping dalam hal ini BRS Liberal sejajar dengan KRI Bung Tomo – 357 dengan jarak yang sangat dekat sekitar 50-80 yards. Selanjutnya salah satu unsur latihan melakukan pengiriman tali dengan menggunakan Gun Line, setelah talinya diterima oleh kapal penerima diteruskan dengan melaksanakan pengiriman barang barang yang sangat penting (surat rahasia,dll.) dan berbobot ringan.

Maneuver dalam latihan Mail bag transfer terlihat sederhana, namun memerlukan persiapan yang matang, ketepatan waktu serta perhitungan yang cermat dari kedua kapal, sebab bila tidak dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan salah perhitungan maka akan sangat membahayakan keselamatan personil dan keamanan kedua kapal, sehingga kegiatan seperti ini hanya dilakukan oleh kapal-kapal yang memiliki kemampuan dan kesiapan yang baik serta diawaki oleh prajurit-prajurit yang handal.

Menteri Pertahanan Brasil, Raul Belens Jungman Pinto yang menyaksikan langsung jalannya latihan Mail bag transfer menyatakan kebanggaannya atas semangat dan profesionalisme prajurit-prajurit KRI Bung Tomo – 357 dalam pelaksanaan latihan. “ Brasil tidak salah memilih KRI Bung Tomo – 357 sebagai partner latihan kapal BRS Liberal, karena saya harus mengakui bahwa prajurit KRI Bung Tomo – 357 sangat tangguh, penuh semangat dan profesional dalam menjalankan latihan ini”, kata Menteri Pertahanan Brasil. Selain itu Raul Belens Jungman Pinto juga menyatakan kekagumannya terhadap KRI Bung Tomo – 357 serta kepada prajurit KRI Bung Tomo – 357 yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016. “Saya sebagai Menteri Pertahanan Brasil mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komandan KRI dan kepada seluruh prajurit KRI Bung Tomo – 357, kalian adalah pelaut-pelaut yang handal dan profesional, selain itu kebersihan KRI Bung Tomo – 357 patut diacungi jempol dan harus menjadi contoh bagi unsur-unsur MTF UNIFIL yang lain”.

Latihan Mail bag transfer antara KRI Bung Tomo – 357 dengan BRS Liberal berjalan dengan aman dan sukses berkat semangat dan profesionalisme yang ditunjukkan oleh kedua unsur. Peran parade dan lambaian tangan kedua unsur mengakhiri jalannya latihan.

Turut hadir pada latihan tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Laut Brasil Admiral Eduardo Barcellar Leal Ferreira, Senator Brasil Ana Amelia Lemos, MTF Commander Rear Admiral Claudio Henrique Mello De Almeida, pejabat militer dan pejabat sipil Brasil serta jurnalis Brasil.

(Pen Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/Unifil 2016)

  TNI AL  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...