Sabtu, 21 April 2012

3 kapal Catamaran diangkut KRI Banjarmasin 592

Surabaya, 19 April 2012

KRI Banjarmasin 592
Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) M. Nazif beserta Perwira Staf dan anggota menyambut kedatangan KRI Banjarmasin-592 yang merapat di dermaga Pusri Banyuwangi dalam rangka mendukung pengangkutan combat boat catamaran pesanan TNI AL yang telah selesai dibuat oleh PT Lundin Industry Invest Banyuwangi. Rabu (18/4).

Kapal perang jenis Landing Platform Deck (LPD) buatan PT PAL Indonesia dengan pengawasan tenaga ahli dan peralatan dari Dae Sun Shipbuilding, Korea. Kelebihan KRI Banjarmasin ini dibandingkan dengan kapal sejenis lainnya adalah daya tampungnya yang bisa menampung lima helikopter. Ini merupakan wujud keberhasilan TNI AL dalam melaksanakan transfer teknologi kepada industri strategis nasional.

KRI Banjarmasin juga dirancang mengangkut 22 tank dan 560 pasukan bisa juga mengangkut kombinasi 20 truk dan 13 tank. Selain berfungsi untuk memobilisasi pasukan, kapal sepanjang 125 meter x 22 meter ini juga dapat digunakan untuk fungsi operasi militer selain perang (OMSP), seperti membawa logistik ke daerah bencana alam,"

KRI Banjarmasin dikomandani oleh Letkol Laut (P) Arif Harijadi W dengan ABK 145 orang dan rencananya akan mengangkut tiga kapal jenis catamaran yang akan dibawa ke Surabaya. Selesai embarkasi pada pukul 22.00 WIB KRI Banjarmasin meninggalkan Banyuwangi.

Ilustrasi Kapal Catamaran TNI AL (Foto Kaskus)

- Lantamal 5 -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...