Rabu, 19 Oktober 2016

Lanud Roesmin Nurjadin Dan RSAF Gelar Latihan Bersama

Latma Camar Indopura 23/16Boeing 737-200 TNI AU [Airliners]

Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Provinsi Riau menjadi basis latihan gabungan antara TNI AU dan Republic Of Singapore Air Force (RSAF) dengan sandi Camar Indopura 23/16.

"Latihan ini merupakan latihan rutin yang kita gelar tiga tahun berturut-turut dengan tujuan meningkatkan kerjasama dan hubungan bilateral," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Yani Amirullah kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Yani berujar latihan bersama yang ke-23 kalinya ini digelar sejak hari ini hingga Jumat mendatang (21/10).

Ia menjelaskan bahwa terdapat sekitar 40 personil yang dilibatkan dalam latihan gabungan tersebut. Untuk TNI AU sendiri, akan diwakili Skadron Udara 5 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

"Skadron 5 Wing 5 mengerahkan satu pesawat Boeing 737-200 sementara Singapura satu pesawat F-50 MPA dari 121st Sqn RSAF," jelasnya.

Lebih jauh, Yani mengatakan secara spesifik latihan bersama latihan bersama Camar Indopura merupakan latihan bersama antara TNI AU dan RSAF dalam bidang operasi udara guna meningkatkan kerjasama dalam pengamanan wilayah laut kedua negara dengan menggunakan pesawat patroli maritim.

Untuk itu, area latihan sendiri akan dilakukan di wilayah perbatasan Indonesia-Singapura tepatnya di kawasan Selat Malaka.

Lebih jauh, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Henri Alfiandi menekankan kepada prajurit agar mengutamakan keselamatan selama latihan berlangsung.

"Selalu utamakan dan kedepankan faktor safety dan keamanan dalam berlatih, agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan selamat hingga latihan ini berakhir," ujarnya.

Sementara itu, Colonel Zakir Hamid, Exercise Director dari RSAF mengatakan latihan bersama ini diharapkan dapat membangun dan mempererat persahabatan yang sudah terjalin dengan baik diantara kedua negara serta TNI AU dan RSAF.

"Selain itu, selama kita berada disini, gunakanlah waktu untuk saling berdiskusi, berbagi dan belajar dari masing-masing Angkatan Udara guna meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas," ujarnya.
 

  Antara  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...