Kamis, 20 Oktober 2016

Pulau Terluar Serambi Depan Bangsa Indonesia

Bandara Miangas [dok Kementerian Perhubungan]

P
ulau-Pulau terluar merupakan serambi depan bangsa Indonesia, dan bukan lagi sekedar sebagai halaman belakang.

Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada awak media di Makodam XIII/Merdeka Manado usai mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada peresmian tiga Bandar Udara di Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Pembangunan prioritas pulau terluar yang sedang dan akan dilaksanakan tersebut adalah Pulau Natuna, Pulau Yamdena (Kota Saumlaki), Pulau Selaru, Pulau Morotai, Pulau Biak dan Kabupaten Merauke,” tegas Panglima TNI.

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, pembangunan pulau terluar merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara.

Terkait pembangunan Bandar Udara di Miangas, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwasanya ketiga Bandar Udara tersebut salah satunya untuk menghidupkan dan meningkatkan kembali perekonomian di daerah-daerah terpencil serta sebagai promisi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bandar Udara Miangas memiliki panjang landasan pacu 1.400 meter dan dapat didarati pesawat sejenis ATR- 72, dilengkapi dengan runway strip 1.400 meter x 150 meter dan Apron 130 meter x 65 meter yang mampu menampung tiga unit pesawat dan memiliki gedung terminal seluas 356 m2.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmanyo beberapa waktu lalu juga mengatakan bahwa, TNI akan menambah kemampuan dan kekuatan di Pulau Selaru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku dengan membangun dan memperpanjang landasan aju bagi pesawat militer.

Pembangunan pulau terluar bersifat strategis sebagai bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman, guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan peran TNI sebagai alat pertahanan negara,” pungkasnya.

Kabidpenum Puspen TNI
Kolonel Inf Bedali Harefa
 

  Poskota  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...