Sabtu, 22 Oktober 2016

TNI AD Akan Punya Kapal Pengangkut 2.000 DWT

Tank Leopard TNI AD yang akan dikirim ke Natuna, Riau, untuk latihan. Pengiriman menggunakan kapal ADRI-L (50) milik Yonbekang -4/Air, Jumat (21/10/2016)

Komandan Batalyon Pembekalan dan Angkutan (Yonbekang)-4/Air TNI AD Atjeb Miharja Soma mengatakan bahwa pihaknya sedang mengkaji kebutuhan alat-alat guna mendukung tugas TNI AD dalam memindahkan peralatan perang serta pasukanya.

Saat ini, Yonbekang-4/Air memiliki 12 kapal ADRI dengan berbagai ukuran deadweight tonnage (DWT) atau jumlah bobot/berat yang dapat ditampung oleh kapal untuk membuat kapal terbenam sampai batas yang diizinkan dinyatakan dalam long ton atau metrik ton.

"Kapal kapasitas daya angkut 150 DWT ada tiga, 300 DWT juga ada tiga, 500 DWT ada dua, kemudian 1.000 DWT ada tiga, dan 1.200 DWT ada satu yakni ADRI-L (50). Ini beroperasi semua," ujar Atjeb di Markas Yonbekang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (21/10/2016).

Ia menjelaskan, kapal berdaya angkut 1.200 DWT mampu mengangkut enam tank Leopard serta satu transporter atau alat angkut tank Leopard itu sendiri.

Ia mengatakan, saat ini sedang berjalan proses tender penambahan kapal ADRI berdaya angkut 1500 DWT.

Kapal besar tersebut mampu menampung delapan tank Leopard, serta satu helikopter.

"Diharapkan 2018 sudah beroperasi. Itu sedang dibuat, ya sekarang sedang dalam program, dalam proses tender," kata dia.

Lebih jauh ke depan, lanjut dia, diharapkan Yonbekang juga memiliki kapal dengan kapasitas daya 2000 DWT.

"Dengan kapasitas sebesar itu, maka pengangkutan juga lebih efisien karena mampu mengangkut sejumlah alat-alat perang serta pasukan sebanyak satu batalyon atau sekira 700 sampai 1.000 personel."

"Penggunaan ini selama ini kami juga membantu dalam kegiatan kemanusiaan seperti waktu bencana alam tsunami di Aceh. Kami mengoperasionalkan kapal ADRI ke sana untuk membantu pelaksanaan evakuasi di sana dan kemudian untuk mendorong logistik-logistik ke pelosok-pelosok," ujar dia.

Yonbekang merupakan Batalion yang diresmikan pada 24 Mei 1950. Dahulu satuan ini bernama Kesatuan Angkutan Tentara (KAT). Yonbekang memiliki peran penting dalam pendistribusian pasukan dan alutsista TNI AD ke berbagai tempat.

Salah satu prestasi yang ditorehkan Yonbekang, yakni ketika ikut terlibat dalam Komando Mandala Pembebasan Irian Barat pada 1961-1962.

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...