Jumat, 08 Januari 2016

Latihan Udara TNI Diminta Tak Terkonsentrasi di Jawa

✈ Nantinya akan ada beberapa pangkalan udara militer direlokasi di luar pulau JawaAir Cavalry @roland adrie

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri menggelar rapat terbatas terkait jalur udara. Rapat membahas pemanfaatan ruang udara di selatan pulau Jawa, terkait keselamatan dan peningkatan kapasitas keselamatan penerbangan.

Dalam rapat itu, Jokowi mendapat usulan agar pangkalan udara militer tak hanya berfokus di pulau Jawa. "Tadi diusulkan untuk pangkalan-pangkalan udara militer tidak semuanya terkonsentrasi di Jawa, sehingga latihannya tidak semua di Jawa, seperti Madiun, Jogja, Malang," kata Seretaris Kabinet Pramono Anung di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2016).

Pramono mengatakan, nantinya akan ada beberapa pangkalan udara militer yang akan direlokasi di luar pulau Jawa. "Seperti nanti di Kalimantan, Papua. Tentunya usulan dari KSAU maupun Wakasau," kata Pramono.

Sementara itu, Wakasau Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja menjelaskan, yang akan dipindah pusat pelatihannya.

"Maksud Pak Seskab, direlokasi adalah latihannya. Tadi kami sampaikan kepada Presiden, bahwa kita ingin dari AU ini menggelar pesawat-pesawat tempur sergap kita khususnya di 7 pangkalan di luar pangkalan induk," kata.

"Kalau saya bilang di luar pangkalan induk, itu di luar pangkalan Iswahyudi, Malang, Makassar. Salah satu fungsinya tadi itu, membagi latihan yang tadinya dilaksanakan di home base, itu bisa dilaksanakan di pangkalan penggelaran. Itu tadi yang disampaikan Seskab secara teknis seperti itu, bukan berarti pangkalannya di pindahin ke Jawa, enggak. (tapi) latihannya. Jadi tadi frekuensi latihan di pangkalan induk bisa berkurang," imbuhnya. (jor/fdn)
 

  detik  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...