Selasa, 05 Januari 2016

Pesawat Tempur TNI AU Buru Pesawat Asing

Pesawat tempur F-16 milik TNI AU menjaga keamanan udara Indonesia, [Ant - Kornelis Kaha]

Sebuah pesawat asing diketahui memasuki wilayah perbatasan Republik Indonesia tanpa izin pada Senin 4 Januari. Belum diketahui jenis dan asal pesawat tersebut.

Komandan Paskhas Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Letkol Manalu, membenarkan informasi itu. Ia mengaku TNI Angkatan Udara (AU) tengah mengejar pesawat tersebut.

"Betul ada pesawat asing yang masuk wilayah kita tanpa izin," papar Komandan Paskhas Lanud Soewondo, Letkol Manalu, di Medan, Sumatera Utara.

Ia mengatakan pesawat tempur F-16 tengah memburu pesawat tersebut. Nantinya, pesawat asing akan dipaksa turun di Lanud Soewondo.

"Kita belum dapat info jenis pesawatnya. Nanti saya infokan lagi," pungkasnya.

Saat ini, di Lanud Soewondo Medan personel Paskhas telah siaga menantikan pesawat asing tersebut untuk dipaksa mendarat.

 Pesawat Dubai tak Dipaksa Mendarat tapi Diusir 

Pesawat asing yang memasuki wilayah udara RI tak bisa dipaksa mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondho Medan, Sumatera Utara, Senin 4 Januari. Tapi TNI Angkatan Udara dapat memaksa pesawat asal Dubai itu keluar dari udara Indonesia.

Sedianya TNI AU mencoba memaksa pesawat VJT 844 Global Expres 9H VJD itu mendarat di Medan. Pilot pesawat tak melawan sehingga pesawat tempur F-16.

"Kita menghalau pesawat asing yang masuk ke wilayah Indonesia. Tak jadi diturunkan paksa," kata Komandan Paskhas Lanud Soewondo Medan, Letkol Manalu.

Tapi, Letkol Manalu enggan menyebutkan wilayah perbatasan udara yang dilanggar pesawat tersebut. "Saya tidak bisa memberitahukan hal itu, karena bukan wewenang saya. Maaf ya," jelasnya.

Pesawat itu milik Negara Malta yang datang dari Dubai melintasi perairan Internasional Selat Malaka pada pukul 16.40 WIB. Pesawat F-16 mengejar pesawat tersebut.
 

  Metrotv  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...