Kamis, 06 Oktober 2016

[Angkasa Yudha] Panglima TNI sambut Jokowi di Bandara Ranai

Presiden Joko Widodo meninjau pesawat Sukhoi Su27/30 MK saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada Kamis (6/10). Presiden merayakan HUT TNI AU dengan menyaksikan latihan tempur Angkasa Yudha 2016 yang mengoperasikan seluruh pesawat tempur seperti Sukhoi Su27/30, F-16 Fighting Falcon, Hawk 100, T50i Golden Eagle, dan Super Tucano untuk melakukan pengeboman kepada sasaran di permukaan air. (ANTARA News/Bayu Prasetyo)

P
anglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Bandara Ranai, Kabupaten Natuna pada Kamis, untuk kunjungan kerja di wilayah itu.

Presiden beserta rombongan telah menempuh penerbangan selama dua jam dari Bandara Halim Perdanakusuma menumpang Pesawat Kepresidenan Boeing 737 milik TNI AU.

Dalam penerbangannya, Presiden didampingi oleh pejabat pemerintahan, di antaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, sejumlah pejabat negara yang telah datang lebih dulu juga menyambut kedatangan Kepala Negara pada sekitar pukul 09.30 WIB, antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Setelah turun dari pesawat, Presiden segera meninjau alutsista TNI AU, yaitu Sukhoi Su 27/30, T-50i, Hawk 100, dan Super Tucano beserta sejumlah persenjataannya.

Sukhoi dan F-16 unjuk kekuatan kepada JokowiJokowi juga memeriksa kecanggihan kokpit Su 27/30 dan sempat mengenakan helm tempur di atas pesawat buatan Rusia itu.

Dalam kunjungan kerjanya, Jokowi akan merayakan HUT Ke-71 TNI dengan menyaksikan latihan tempur Angkasa Yudha 2016 yang akan mengoperasikan belasan pesawat tempur untuk mengebom sasaran kapal laut.

Latihan itu tidak hanya melibatkan kendaraan perang, tetapi juga menampilkan kemampuan personel TNI AU dalam melacak dan menyergap sasaran di permukaan melalui terjun statis.

Menurut keterangan Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Kepala Negara direncanakan meresmikan Bandar Udara Ranai, Kabupaten Natuna, setelah tuntasnya pembangunan penambahan luas landasan pacu.

Presiden beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Selat Lampa menumpang Helikopter Super Puma untuk meninjau lokasi pembangunan cold storage atau gudang pendingin di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKT).

Presiden bersama Ibu Negara Iriana dan rombongan juga akan meninjau Dermaga Apung serta Dermaga Beaching TNI AL.

"Perumahan Zipur dan Marinir menjadi lokasi peninjauan terakhir yang akan dikunjungi Presiden Joko Widodo sebelum kembali ke Jakarta dan mengakhiri kegiatannya di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau," demikian keterangan tersebut.

 Unjuk kekuatan kepada Jokowi 
https://2.bp.blogspot.com/-TYBa2xXHHyY/V_Ynh_84X1I/AAAAAAAAJHY/dP1HEFv2qAgHbwlhxTUdX4_--LGSGjHSQCLcB/s1600/IMG-201610061-AY16%2B%2540IMF.jpgHawk TNI AU TL0102 menggusung bom Mk seri dalam latihan Angkasa Yudha 2016 [IMF]

Belasan pesawat tempur TNI AU antara lain Sukhoi 27/30 MK dan F-16 Fighting Falcon melakukan unjuk kekuatan di depan Presiden Joko Widodo dalam Latihan Tempur Angkasa Yudha 2016 di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada Kamis.

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan latihan yang melakukan pertempuran saling kejar atau dog fight oleh satu Sukhoi Su 30 dan dua F-16.

Selain itu, pesawat Hawk 100/200 dan T50i Golden Eagle serta Super Tucano juga melakukan unjuk kekuatan dengan melakukan pemboman dengan sasaran di Laut Natuna.

IMG-20161006-WA0010.jpgPemboman di wilayah Natuna [IMF]

Setelah pemboman selesai dilakukan, Jokowi juga menyaksikan penerjunan statis dan dinamis oleh Pasukan Khas Angkatan Udara yang melakukan latihan pengamanan daerah dengan menumpang pesawat cargo yaitu dua CN-295 serta enam C-130 Hercules.

TNI AU juga melakukan penembakan kepada sisa sasaran di laut menggunakan meriam Oerlikon dan QW3.

Beberapa unit helikopter Super Puma juga melakukan latihan pengamanan evakuasi dan pertolongan kepada pilot yang disimulasikan telah eject dari pesawat tempur.

Dalam perhelatan tersebut, Presiden telah mendapatkan penganugerahan Lencana Wing Kehormatan TNI AU.

  Antara  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...