Sabtu, 05 September 2015

Kisah Kapal Selam Indonesia Mengunci HMS Victorious di Selat Sunda

Merupakan prestasi Hiu Kencana dalam sejarah yang dituliskan dalam buku 'Pengabdian Hiu Kencana' Ilustrasi kapal selam Whiskey Class ALRI

Berikut ini kisah Hiu Kencana Indonesia di era dwikora dipostkan Merkapa (Kaskuser) sebagai berikut :

Pada tanggal 28 September 1964, KS Alugoro (Whiskey Class) berhasil mengunci dengan depth persicope (kedalaman periskop) HMS Victorious yang sedang melewati selat Lombok tanpa terdeteksi HMS Victorious dan destroyer pengawalnya yang dilengkapi kemampuan AKS.

Mengapa bisa demikian? di bulan Agustus biasanya angin muson timur bertiup kencang di sepanjang perairan Indonesia, kemungkinan karena melewati selat dengan deburan ombak besar dan kencang, maka juru sonar armada Inggris tak mampu mendeteksi KS Alugoro, mereka baru mengetahuinya saat KS Alugoro muncul di depan HMS Victorious dan memberikan kode morse 'Bon Voyage' dan kemudian dibalas AL Inggris dengan kode yang sama.

Sekalipun seluruh armada Inggris sudah siap dan ingin menghancurkannya. Mereka sama sekali tak mengetahui bila saat itu masih ada 3 kapal selam Whiskey Class yang bertugas bersama KS Alugoro.

Kisah ini merupakan prestasi luar biasa KS Whiskey class ALRI, dimana HMS Victorious merupakan kapal induk, dan pasca PD II Belum pernah ada KS diesel yang mampu melakukan hal tersebut bahkan AL Sovyet sekalipun. Lebih hebatnya karena Whiskey class yang dibeli Indonesia jauh lebih primitif dari seluruh KS PD II Jerman, Jepang dan Inggris karena tidak dilengkapi WC didalam.

Kisah ini tercatat dalam buku 'Pengabdian Hiu Kencana' yang tertulis sebanyak 2 Paragraf saja.

  Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...