Rabu, 02 September 2015

Taruna AAL Ikuti ‘Inaugural Exchange Program’ di Australia

Sebanyak lima Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Rabu (2/9) berangkat ke Australia untuk mengikuti Inaugural Exchange Program antara Taruna AAL dengan Cadets Royal Australian Navy di Australian Defence Force Academy Sidney dan HMAS Crosswell di Melbourne, Australia selama satu minggu yang akan dimulai tanggal 6 s.d. 13 September 2015.

Sejumlah taruna tersebut masing-masing Sermatutar (P) Andaru Dhimas, Sermatutar (P) Kurniawan Satria, Sermatutar (P) Damartama, Sermatutar (S) Adian Hidayatullah, dan Sermatutar (M) Gilang Aditya serta didampingi pengasuh Mayor Laut (P) Dedi Gunawan W yang sehari-harinya menjabat Komandan KAL Taruna yang merupakan salah satu kapal latih taruna AAL.

Keikutsertaan Taruna AAL dalam kegiatan di Australia tersebut merupakan implementasi dari saran Delegasi Royal Australian Navy (RAN) pada acara Navy to Navy Talks 2014 di Canberra, Australia untuk mengembangkan pertukaran Taruna AAL dengan Taruna Australian Defence Force Academy serta mendapat dukungan kuat dari Delegasi TNI AL. Saran itu dimaksudkan bahwa persahabatan angkatan laut kedua negara harus dimulai sedini mungkin dan didukung pada setiap kesempatan, di antaranya sejak masih taruna.

Selama ini, kegiatan Navy to Navy Talks membahas berbagai macam materi, di antaranya tentang latihan bersama, program pertukaran perwira, bahkan aspek strategis regional seperti simposium keamanan maritim. Sedangkan Taruna AAL yang baru pertama kali ikut dalam kegiatan ini akan mendiskusikan berbagai hal yang bersifat umum tentang pendidikan perwira tingkat akademi kedua negara.

Dengan keikutsertaan Taruna AAL pada kegiatan Exchange Program tersebut, akan semakin memperluas wawasan dan hubungan dengan akademi angkatan laut negara lain serta mempertegas pencapaian AAL kelas dunia atau World Class Navy Academy.

   JMOL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...