Minggu, 09 April 2017

[Foto] HUT ke 71 TNI AU

✈️ Pamerkan Akrobat Udara Sampai Simulasi Tempur✈️ Pesawat TNI AU pada HUT TNI AU [@Bams]

TNI AU memamerkan atraksi pesawat dalam acara HUT ke-71 TNI AU. Tak kurang dari 1.600 prajurit dan 132 pesawat dari unsur kekuatan TNI AU dikerahkan dalam acara ini.

Pantauan detikcom, Minggu (9/4/2017) di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Diawali oleh upacara dan pemberian amanat oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Hadi Tjahjanto. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan atraksi dari para prajurit TNI AU.

Atraksi pertama dimulai oleh pertunjukan drum band TNI AU. Selanjutnya aski bela diri oleh prajurit TNI AU mulai dari memecahkan bata sampai mematahkan besi.

TNI AU juga melakukan defile pasukan dan alutsista. Acara juga diisi denga pameran mulai dari mobil operasional sampai senjata terbaru.

HUT ke-71, TNI AU Pamerkan Akrobat Udara Sampai Simulasi TempurYang paling menarik perhatian warga adalah saat penampilan pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang memeragakan 8 adegan. Salah satunya adalah membentuk pola hati di langit udara Halim Perdanakusuma.

Selain itu, TNI AU juga melakukan simulasi penyelamatan sandera dari teroris. Simulasi itu dilakukan dengan kendaraan tempur darat dan sejumlah helikopter tempur.

Ada juga simulasi perebutan pangkalan udara dengan menerjunkan prajurit menggunakan parasut. Prajurit diturunkan dari helikopter dan langsung ke pangkalan udara.

"Sebelumnya enggak ada demo di udara, kali ini ada demo di udara. Masyarakat yang hadir sungguh melampaui ekspektasi kami," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Jemi Tri Sonjaya di lokasi.

 TNI AU 'Lukis' Gambar Hati di Langit Jakarta 
HUT ke-71, TNI AU Lukis Gambar Hati di Langit JakartaTNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar parade akrobatik menggunakan pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT). Dalam aksinya JAT menampilkan kelihaiannya membentuk angka 71 dan melukis pola love di langit Jakarta.

Pantauan detikcom, Minggu (9/4/2017) di Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. JAT ditampilkan sebagai pembuka parade. JAT mengawali aksinya dengan membentuk formasi angka 71 dan ucapan selamat untuk TNI AU.

Setelah melakukan formasi 71, JAT melakukan sejumlah parade fog, loop and cross, dan ditutup dengan membentuk pola hati sebagai bentuk kedekatan TNI AU dengan masyarakat.

HUT ke-71, TNI AU Pamerkan Akrobat Udara Sampai Simulasi TempurUsai parade JAT, TNI AU pamerkan sejumlah atraksi deploy flare dari Sukhoi dan F16. TNI AU simulasikan dua pesawat Indonesia sedang dikejar musuh, lalu Sukhoi dan F16 mengeluarkan flare untuk alihkan rudal musuh.

Ada juga simulasi tempur Tucano, yakni aksi F-16 menyerang pertahanan musuh. Kemudian disusul dengan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) dengan menerjunkan pasukan melalui pesawat.

Sebagamana diketahui, perayaan HUT TNI AU ke-71 ini dilaksanakan Minggu (9/4) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dalam perayaan tersebut ditampilkan 132 pesawat milik TNI AU.

Pesawat-pesawat tersebut antara lain Pesawat C130 Hercules, Pesawat T41 cessna, Pesawat CN 295, Pesawat Boeing 737, Pesawat F-16, Golden Eagle T50i, Hawk 109, Pesawat Sukhoi dan lain-lain. Selain itu Hadi juga mengatakan akan ada beberapa atraksi pesawat dan peragaan kegiatan dari TNI AU dalam menjaga keutuhan Republik Indonesia. (jor/jor)

  ✈️ detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...