Sabtu, 02 Januari 2016

[World] China Bentuk Tiga Unit Militer Baru

Parade militer rudal jarak jauh China [ist]

C
hina membentuk tiga unit militer baru dan akan memperbarui perangkat militer serta memodernisasi struktur komando angkatan bersenjata.

Diberitakan Reuters, Jumat (1/1), langkah ini adalah bagian dari peningkatan kapasitas angkatan bersenjata yang diumumkan Presiden Xi Jinping November lalu.

Dalam upacara militer, Kamis kemarin yang dikutip dari kantor berita Xinhua, tiga unit yang diresmikan oleh Xi adalah unit komando umum untuk tentara, angkatan rudal dan pasukan pendukung strategis bagi Tentara Pembebasan Rakyat, PLA.

Angkatan rudal nantinya akan mengambil alih Korps Artileri Kedua yang memegang kendali gudang senjata nuklir.

Xi mengatakan unit baru ini akan "meningkatkan ketahanan nuklir dan kapasitas serangan-balik, kemampuan serangan presisi jarak jauh dan menengah, begitu juga dengan kapasitas strategis untuk membangun kekuatan roket yang modern dan kuat."

Reformasi militer China dilakukan dalam pemerintahan Xi, di antaranya adalah mendirikan struktur komando operasional gabungan pada 2020, dan memotong jumlah tentara hingga 300 ribu orang.

Tiga unit baru ini dibentuk seiring kekuatan China yang mulai meresahkan kawasan, terutama di wilayah sengketa Laut China Selatan. China disebut membangun pangkalan dan meningkatkan kehadiran militer di pulau buatan di perairan yang diklaim lima negara itu. China juga dilaporkan tengah membangun kapal induk kedua. (den)

  CNN  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...