Minggu, 01 November 2015

Kontingen Garuda Terima Penghargaan PBB

DOK.Penerangan Kontingen Garuda di Lebanon

Pada tanggal 28 Oktober 2015, merupakan hari yang bersejarah bagi seluruh prajurit TNI yang tergabung yang tergabung dalam United Nations Interim Force in Lebanon (Unifil). Sebab bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut, Kontingen Garuda menyelenggarakan Medal Parade yakni sebuah kegiatan seremonial penganugerahan dan penyematan UN Medal atau Tanda Jasa dari PBB. Kontingen Garuda mendapat penghargaan PBB atas partisipasi aktifnya dalam keikutsertaan menjaga perdamaian dunia.

Kontingen Garuda tahun 2014-2015 telah bergabung dengan Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) sejak 17 Desember 2014, berdasarkan durasi waktu yang telah dilalui serta prestasi yang telah diukir, sehingga dinyatakan berhak memperoleh tanda penghargaan tersebut.

Menurut siaran pers Perwira Penerangan Konga XXIII-I/Unifil, Kapten Laut (KH) Ahmad Suberlian, S.H, penganugerahan UN Medal tersebut diawali dengan pelaksanaan Upacara Parade dengan Inspektur Upacara Wakil Panglima Unifil/Deputy Force Commander Brigjen Sandeep Singh Bajaj dan diikuti oleh seluruh prajurit Kontingen Garuda, bertempat di Markas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-I/Unifil UN Posn 7-1 Adshit Al Qusayr, Rabu (28/10) lalu.

Dalam upacara yang berlangsung hikmat tersebut, Wakil Panglima Unifil/Deputy Force Commander Brigjen Sandeep Singh Bajaj menyematkan UN Medal kepada Komandan Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015, Kolonel Inf. Danni Koswara, DCO Sector East Kolonel Kav. Yotanabey A.M dan para Komandan Satgas di jajaran Kontingen Garuda beserta seluruh prajurit Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015.

Turut mendampingi dan juga ikut menyematkan tanda jasa yaitu Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy dan Komandan Unifil SektorTimur / Sector East CO Brigjen Conde de Arjona.

Setelah penyematan, Brigjen Sandeep Singh Bajaj membacakan amanat Force Commander Unifil Mayor Jenderal Luciano Portolano, mengatakan bahwa UN Medal yang telah dianugerahkan merupakan sebuah bentuk penghargaan dari UN melalui Unifil kepada seluruh prajurit Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 yang telah melaksanakan tugas secara profesional dan mengagumkan serta secara sempurna. Selain itu, Kontingen Garuda juga dinilai telah mengaplikasikan semua prosedur standar selama melaksanakan tugas di Lebanon dalam setiap kegiatannya.

Mayor Jenderal Luciano Portolano juga menyatakan terima kasih dan rasa bangganya kepada prajurit Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 masih akan terus melaksanakan tugas-tugas Unifil di Lebanon selama beberapa bulan ke depan sebelum end mission.

Selesai pelaksanaan Upacara Parade, dilanjutkan dengan Defile Pasukan Upacara dan konvoi kendaraan tempur beserta perlengkapannya. Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi ketrampilan dan kemampuan prajurit Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 yang meliputi Bela Diri Militer dengan menampilkan gerakan perorangan dan kelompok serta pertarungan bebas, Bela Diri tradisional Pencak Silat “Merpati Putih” dengan menampilkan demo pemecahan batang besi dragon, kemampuan kekebalan tubuh terhadap benda tajam dan pemecahan batako dengan palu besi diatas perut peraga yang menopang pada papan paku tajam.

Dua hal yang menjadikan kekaguman dan sorak sorai tepuk tangan penonton adalah pada saat seorang Wanita TNI mampu melumpuhkan dua orang musuh sekaligus dengan kemampuan beladiri militernya serta seorang Wanita TNI mampu mematahkan besi dragon.

Acara selanjutnya adalah Kolone Senapan yang menampilkan gerakan-gerakan indah dalam ketrampilan menggunakan senapan laras panjang, dilanjutkan kesenian Reog Ponorogo, Tari Jaipong, Tari Tradisional perang Suku Papua, dan Tari Maumere.

Hal yang paling berkesan dan menjadikan acara Medal Parade selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh personel Unifil adalah interaksi tamu undangan dengan para pengisi acara melalui tarian bersama saat di penghujung acara yaitu Tari Maumere.

Wakil Panglima Unifil / Deputy Force Commander Brigjen Sandeep Singh Bajaj, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy, Komandan Unifil Sektor Timur / Sector East CO Brigjen Conde de Arjona, Komandan Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 Kolonel Inf Danni Koswara beserta para Komandan Satgas di jajaran Kontingen Garuda, COS MTF Kolonel Laut (P) Dato Rusman Sutan dan DCO Sector East Kolonel Kav Yotanabey A.M, para Komandan Kotingen negara-negara yang bertugas di Lebanon Garuda beserta seluruh prajurit Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 turut larut dalam kegembiraan dan keceriaan tarian tradisional Flores tersebut. Kegiatan diakhiri Yel-Yel prajurit Kontingen Garuda.

Selesai rangkaian demonstrasi, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah yang dilaksanakan di Rub Hall Markas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-I/Unifil UN Posn 7-1 Adshit Al Qusayr, sambil menikmati jamuan makan siang yang menyajikan makanan khas nusantara. Untuk memeriahkan acara, para prajurit Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 menunjukkan kebolehannya dalam menampilkan Band dengan lagu-lagu yang sangat menghibur sampai dengan acara penutup.

Kegiatan Medal Parade prajurit Kontingen Garuda Unifil tahun 2014-2015 merupakan kegiatan bersejarah dan sebagai motivas bagi para prajurit TNI yang saat ini bertugas di Lebanon. (fri/jpnn)

   jpnn  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...