Sabtu, 07 November 2015

[World] Menhan AS Kunjungi Kapal Induk di Laut China Selatan

China Anggap ProvokasiKapal Induk USS Theodore Roosevelt saat dikirim ke Teluk Persia untuk mengawasi kemungkinan Iran mengirimkan senjata ke Yaman [Reuters]

Menteri Pertahanan Amerika Serikat mengunjungi kapal induk di Laut China Selatan. Kunjungan dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan AS dan China terkait kawasan laut yang menjadi sengketa itu.

Ash Carter sebelumnya menyebut kunjungannya sebagai komitmen atas Laut China Selatan.

Dengan menggunakan pesawat multiguna V-22 Osprey dari pangkalan di negara bagian Sabah, Malaysia, Carter mendarat di USS Theodore Roosevelt, Kamis 5 November.

Dia juga mendesak semua pihak untuk tidak membangun di pulau karang maupun di pulau di kawasan tersebut, untuk menegaskan penentangan Washington atas proyek reklamasi yang dilakukan China di sebuah pulau karang.

Kunjungan ini dilakukan setelah dia menghadiri pertemuan menteri pertahanan ASEAN-Plus di Malaysia, yang tidak berhasil mengeluarkan pernyataan bersama terkait Laut China Selatan.

Bukanlah hal yang tidak biasa bagi Menteri Pertahanan Amerika Serikat berkunjung ke kapal induk. Namun, kunjungan Carter ini menarik perhatian karena berlangsung ketika ketegangan antara Washington dan Beijing sedang meningkat.

Kementrian Luar Negeri China mengatakan kunjungan Carter itu sebagai povokasi.

Sebelumnya Amerika Serikat dengan sengaja mengerahkan kapalnya berlayar di dekat pulau karang yang direklamasi, yang juga mengundang protes China.

Protes atas reklamasi yang dilakukan China juga diprotes pemerintah Filipina -yang mengajukan gugatan ke pengadilan internasional di Den Hag untuk menantang klaim China atas kawasan itu.
 

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...