Selasa, 24 November 2015

[World] Pesawat Rusia Ditembak

☠ Rusia Benarkan Pesawat Perangnya Ditembak TurkiPesawat Rusia SU-24 saat mendarat di pangkalan udara Heymim di Suriah.

Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi pesawat perangnya ditembak jatuh oleh jet tempur Turki. Menurut Moskow, pesawat ditembak dari darat bukan oleh pesawat tempur.

Rusia juga membantah jika pesawat perang SU-24 melanggar perbatasan Turki. "Hari ini di wilayah Suriah, karena tembakan dari darat, SU-24 pesawat Rusia di di Republik Arab Suriah Jatuh," ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

Pesawat diketahui terbang di ketinggian 6.000 menteri sebelum jatuh. "Selama durasi penerbangan, pesawat berada di atas wilayah Suriah. Ini terekam oleh metode perekaman terkini," ujar Rusia dalam pernyataannya.

Observatorium Suriah untuk HAM mengatakan pesawat perang jatuh di daerah pegunungan di utara provinsi Latakia. Terkait penembakan pesawat, Presiden Tayyip Erdogan telah mengetahuinya dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu untuk membahasnya. [Reuters]

☠ Rusia Cari Pilot Jet Tempur Mereka yang Ditembak Turki 
Pilot berhasil keluar dari pesawat. [anadolu]

Militer Rusia menerjunkan helikopter untuk mencari pilot pesawat perang mereka yang ditembak jatuh Turki. Demikian disampaikan kantor berita Turki Dogan dalam keterangan, Selasa (24/11).

Sebelumnya saksi mengatakan, dua pilot Rusia menyelamatkan diri dengan melakukan terjun payung. Turki mengatakan, pesawat Rusia ditembak jatuh karena melanggar perbatasan mereka.

Pesawat F16 Turki telah berulangkali memperingatkan jet SU-24 Moskow, namun mereka tak menggubris. Rusia membantah tudingan Turki tersebut. Moskow mengatakan, pesawat masih berada di wilayah Suriah.

Rusia melancarkan operasi udara di Suriah membela Presiden Bashar al-Assad sejak akhir September lalu. Turki menuding pesawat Moskow beberapa kali melanggar perbatasan mereka.

☠ Ini Masalah Serius 
Ketika pesawat Rusia jatuh menghujam setelah ditembah rudal. [PressTV]]

Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (24/11), menyebut insiden penembakan jatuh pesawat Rusia merupakan masalah serius. Namun, menurutnya terlalu dini untuk mengambil kesimpulan.

"Sangat tidak mungkin untuk mengatakan sesuatu tanpa informasi penuh," ujar Dmitry Peskov, kepada Reuters. [Reuters]

☠ Pilot Rusia Dikerumuni Milisi Bersenjata Suriah 
Pesawat Rusia yang ditembak jatuh Turki, Selasa (24/11). [Reuters]

Sebuah video yang memperlihatkan pria bersenjata mengelilingi seseorang diyakini pilot Rusia diunggah ke dunia maya. Dalam video itu tampak pilot Rusia tidak sadarkan diri dan tak bisa bergerak. Wajahnya juga dipenuhi dengan darah.

"Seorang pilot Rusia," ujar seorang anggota kelompok milisi.

Para milisi itu menggunakan bahasa Arab namun dengan dialek Latakia, Suriah. Menurut Reuters, video tersebut diserahkan oleh kelompok pemberontak di sebelah barat laut. Wilayah tersebut merupakan daerah pergerakan Pasukan Pembebasan Suriah, bukan wilayah ISIS.

Belum jelas apakah tentara Rusia tersebut merupakan pilot pesawat Rusia yang ditembak jatuh Turki. Hingga kini otoritas Rusia masih mencari pilot mereka yang hilang. [RT]

 ☠ Penembakan Pesawat Rusia oleh Turki, Insiden Serius 
Pesawat Rusia yang ditembak jatuh Turki, Selasa (24/11). [guim]

Inggris mengatakan, jatuhnya pesawat Rusia oleh jet tempur Turki di perbatasan Suriah merupakan insiden serius. London sedang mencari informasi lebih lanjut ihwal aksi penembakan itu.

"Satu pesawat Rusia ditembak jatuh di dekat perbatasan Turki-Suriah pagi ini. Kita mencari informasi lebih detail segera," ujar Kementerian Luar Negeri Inggris dalam pernyataannya, Selasa (24/11).

"Jelas ini merupakan insiden serius. Kita tidak akan bisa untuk mengomentari lebih lanjut sampai kita tahu fakta sebenarnya".

Rusia dan Turki memiliki pandangan politik berbeda mengenai keberadaan Presiden Rusiah Bashar al-Assad. Rusia ingin terus mempertahankan Assad, sebaliknya Turki ingin agar Assad turun.

 ☠ Setelah Tembak Pesawat Rusia, Turki Temui Anggota NATO 
Pesawat Rusia yang ditembak jatuh Turki, Selasa (24/11). [Reuters]

Setelah menembak jatuh pesawat Rusia, Turki langsung menjadwalkan pertemuan dengan negara sekutu di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

"Akan ada pertemuan khusus NATO pada Selasa petang," ujar juru bicara NATO Irina Novakova. "Tujuan pertemuan ini adalah, Turki ingin menginformasikan tentang insiden (penembakan) pada pagi hari".

 ☠ Akan Ada Konsekuensi Atas Aksi Turki 
KRI Bung Tomo di Lebanon [JMOL]

Presiden Rusia Vladimir Putin marah besar mengetahui pesawatnya jatuh oleh jet tempur Turki di perbatasan Suriah. Putin mengatakan, aksi penembakan itu merupakan pengkhianatan oleh kaki tangan teroris.

Menurutnya serangan tersebut akan mempengaruhi hubungan Turki dan Rusia. "Serangan ini akan berdampak terhadap hubungan Moskow dan Ankara," ujarnya.

Putin menegaskan, pilot tersebut tidak membahayakan siapapun. Putin mengatakan itu di Sochi sebelum bertemu dengan Raja Yordania Abdullah. Ia mengungkapkan, Turki menembak pesawat Rusia di atas wilayah Suriah, tepatnya satu kilometer dari perbatasan Turki. [Reuters]

  Republika  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...