Jumat, 04 Desember 2015

[World] Operasi Militer Pasukan Multinasional

Bebaskan 900 Sandera Boko HaramWarga melakukan pengecekan di lokasi terjadinya pemboman di pasar di Maiduguri, Nigeria, 22 Juni 2015. Dua gadis meledakkan dirinya didekat masjid yang ramai dan menewaskan sekitar 30 orang yang merupakan kota kelahiran Boko Haram. [AP/Jossy Ola]

Pasukan multnasional berhasil membebaskan 900 sandera yang ditahan oleh ekstrimis Boko Haram Nigeria. "Lebih dari 100 Boho Haram tewas dan 100 lainnya kami tahan dalam sebuah operasi militer pekan lalu," ucap juru bicara pemerintah Kamerun, Isaa Tchiroma Bakary, Rabu, 2 November 2015.

"Para sandera yang dibebaskan dari Kamerun, Nigeria, dan Chad itu ditahan di sejumlah kamp untuk dilatih menjadi pelaku bom bunuh diri, pemberontak, dan pencuri," kata Bakary.

Dia menambahkan, pasukan gabungan yang berhasil membebaskan sandera itu berasal dari Kamerun, Nigeria, Chad, dan Benin. "Mereka melakukan operasi militer pada 27-29 November 2015."

Menurut Bakary, selain membebaskan sandera, pasukan gabungan multinasional itu juga menahan 100 pemberontak termasuk di dalamnya pemimpin kelompok Boko Haram yang menguasai Hutan Sambisa, terletak di antara Nigeria dan Kamerun, serta Lake Chad. "Kini para sandera itu telah berkumpul bersama keluarga mereka," tegas Bakary.
 

  Tempo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...