Sabtu, 29 Oktober 2016

Tank Hingga Roket Tempur Disiapkan Di Natuna

Berikut 3000 pasukanhttp://img-static.riaupos.co/Tank-Leopard.jpgAlat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik TNI AD mulai berdatangan ke Natuna. Hal ini adalah untuk mendukung pelaksanaan latihan puncak Antar Kecabangan (Ancab), yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan November 2016 mendatang.

Alutsista yang sudah tiba di Natuna itu adalah Tank Leopard sebanyak 14 unit, Tank M-113 sebanyak 12 unit, meriam Caesar-155 sebanyak 2 unit, meriam 105 sebanyak 3 unit, meriam 76 sebanyak 6 pucuk, meriam Arhanud 3 unit, 2 unit roket Astros dan puluhan kendaraan angkut personil dari berbagai kesatuan TNI AD termasuk mobil tanki BBM.

"Tank Leopard rencana akan didatangkan 17 unit ke Natuna, saat ini baru tiba 14 unit, sisanya 3 unit lagi menyusul, kemudian ada lagi Tank Marder, kendaraan Anoa dan banyak lagi Alutsista milik TNI AD yang akan ambil bagian dalam latihan puncak Ancab di Natuna," ungkap Dandim 0318 Natuna, Letkol Ucu kepada puluhan awak media di Ranai, Rabu (26/10).

Latihan puncak Antar Kecabangan ini lanjut Letkol Ucu, akan diikuti oleh 15 cabangan di kesatuan TNI AD, seperti Infanteri, Kaveleri, Artileri, Pertahanan Udara, Zeni, Peralatan, Perhubungan, Amunisi, Perbekalan, hingga ajudan Jenderal dan fotografi serta kesehatan.

"Tiap kesatuan ini mempunyai keahlian masing-masing, dan latihan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam latihan ini semua kesatuan saling mendukung, bersinergi dan saling berkoordinasi," sebut Dandim.

Untuk persiapan latihan Antar Kecabangan ini tambah Dandim, sudah mencapai 40 persen. Dan saat ini kata Dandim semua Alutista tersebut di kumpulkan di Teluk Button Kecamatan Bunguran Timur Laut.

"Hingga kini persiapan lapangan sekitar 40 persen. Hal ini sangat di pengaruhi oleh cuaca, sekarang kan musim hujan, sehingga sedikit agak terkendala," sebut Dandim lagi.

Rencana awal jelas Dandim, total Alutsista yang diterjunkan mencapai ratusan unit. Sedangkan jumlah personil yang dilibatkan sekitar 3.000 personil dari 15 cabangan yang ada di TNI AD.

"Wah pokoknya bakal ramai nanti. Dan ini terbuka untuk masyarakat Natuna. Yang mau menyaksikan puncak latihan silahkan datang, pokoknya warga boleh melihat langsung," jelas dia.

Disinggung kenapa dilakukan di Natuna, diterangkan Dandim, karena Natuna ini mempunyai nilai yang strategis dan juga untuk menunjukan ke dunia luar, jika Indonesia itu kuat dan siap mengantisipasi jika satu saat terjadi kekacauan di Laut China Selatan (LCS).

"Saya yakin nantinya akan diliput oleh media asing, ini tentunya salah satu cara kita dalam menunjukan kekuatan Indonesia ke dunia luar, jika kita kuat," terang dia.

Sesuai rencana tutup dia, latihan Ancab TNI AD ini akan dihadiri oleh Presdien RI, Joko Widodo beserta menteri dan petinggi TNI. Selain itu seluruh Gubernur seluruh Indonesia juga akan ikut hadir.

"Insya Allah bapak Presiden akan hadir dan membuka latihan ini, juga hadir pejabat negara lainnya seperti Menteri, Panglima TNI dan pejabat tinggi lainya, termasuk selruh gubernur se Indonesia," tutup dia. (maz)

 ♖ Posmetro  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...