Rabu, 28 Oktober 2015

[World] Malaysia potong Anggaran Militer 2016

Memotong anggaran pertahanan lebih dari 2% pada 2016 http://thediplomat.com/wp-content/uploads/2015/10/thediplomat_2015-10-07_18-35-07-386x256.jpgMalaysia telah memotong anggaran pertahanan lebih dari 2% pada 2016, yang menandakan keterbatasan anggaran merusak rencana pengeluaran pertahanan negara, Hal itu terungkap dalam pidato tahunan Perdana Menteri Najib Razak pada 23 Oktober.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, para pejabat pertahanan Malaysia telah berulang kali menyerukan peningkatan kemampuan maritim dan udara dalam menghadapi meningkatnya ancaman mulai dari pembajakan, terorisme dan agresivitas Cina di Laut Cina Selatan, yang telah mulai terasa pengaruhnya dalam beberapa tahun terakhir.

Penurunan ini tidak mengejutkan. Pidato anggaran Najib datang di tengah kekhawatiran parah tentang ekonomi terbesar ketiga di Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi, sudah lesu tahun ini karena penurunan harga komoditas, mata uang ringgit melemah, dan skandal dana investasi negara yang melibatkan Najib sendiri, diperkirakan akan melambat menjadi hanya 4% - 5% pada 2016. Kedudukan politik Najib sendiri telah dipertanyakan, dengan mosi tidak percaya diajukan oleh oposisi di parlemen (meskipun tidak mungkin untuk berhasil).

Yang pasti, pemotongannya tidak terlalu drastis, dan belanja pertahanan Malaysia dalam persentase dari PDB tetap berada di 1,5% seperti yang terjadi selama bertahun-tahun. Selanjutnya, Najib menekankan dalam pidatonya bahwa pemerintah mengkonfirmasi bahwa rencana pengadaan yang ada "berkomitmen untuk menerapkan rencana pembangunan kapasitas untuk Angkatan Bersenjata Malaysia (ATM) secara bertahap." - Termasuk akuisisi enam kapal kapal tempur pesisir dan sistem senjata pertahanan udara - tidak akan terpengaruh oleh pemotongan anggaran.

Namun kekhawatiran akan terus berlangsung tentang ketidakmampuan Malaysia dalam menghadapi berjenis ancaman, termasuk pembajakan, penyelundupan, penculikan, terorisme, illegal fishing, dan gangguan-gangguan oleh tetangga regional seperti Indonesia dan Filipina. Beberapa program baru yang dicanangkan sudah ditangguhkan karena keterbatasan anggaran, dan lingkungan ekonomi saat ini hanya satu masalah yang ada dalam pendanaan sangat dibutuhkan meningkatkan kemampuan negara itu. [alqalamuni/diplomat]

  Kaskus  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...