Kamis, 11 Februari 2016

Indonesia-Thailand sepakat berantas kejahatan lintas negara

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai, dan kedua pihak sepakat untuk bekerja sama dalam upaya memberantas kejahatan terorganisasi lintas negara.

"Kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam membasmi kejahatan lintas negara," kata Menlu Retno usai melakukan pertemuan bilateral di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Kamis.

Menurut Menlu Retno, peningkatan kerja sama untuk memberantas kejahatan terorganisasi lintas negara itu akan meliputi beberapa aspek, termasuk pemberantasan terorisme, ekstremisme, serta penyelundupan dan perdagangan narkotika dan imigran gelap.

Pada kesempatan itu, Menlu juga menyampaikan terimakasih dari pemerintah RI kepada pemerintah Thailand atas pemulangan 14 orangutan asal Indonesia yang diselundupkan ke negara tersebut pada November 2015.

Senada dengan Retno, Menlu Pramudwinai mengatakan Thailand siap untuk memperkuat hubungan kerja sama bilateral dengan Indonesia, termasuk dalam upaya memberantas kejahatan terorganisasi lintas negara.

"Kami menyambut baik poin-poin penguatan hubungan bilateral yang telah diajukan Indonesia," tutur Menlu Thailand.

"Saya berharap di masa depan kami bisa bekerja sama dengan Indonesia lebih erat lagi dan kerja sama itu dapat memberi manfaat bagi kedua negara," ujar dia.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Menlu Retno menyampaikan undangan secara resmi kepada pemerintah Thailand untuk menghadiri pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Negara-Negara Islam (OKI) di Jakarta.

Thailand merupakan negara peninjau dalam OKI.
 

  Antara  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...