Jumat, 11 Mei 2012

EC-725 TNI-AU akan perkuat Lanud Atang Senjaya

EC-725 Cougar
Bogorplus.com – DALAM rangka peningkatan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI AU yang berbasis teknologi canggih dan modern, helikopter EC 725 Cougar produksi Perancis akan didatangkan dan memperkuat Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (ATS) pada tahun 2012, di Jalan Semplak, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Menanggapi peningkatan Alutsista TNI AU di Lanud ATS tahun 2012, kepada Bogorplus.com Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso S.Ip menerangkan, bahwa upaya mendatangkan EC 725 Cougar guna memenuhi kebutuhan dalam melaksanakan Tupoksi Lanud ATS dalam Combat Sar.


“Untuk peningkatan Alutsista TNI AU, termasuk didalamnya adalah unsur helikopter. Jadi ke depannya Insya Allah tahun 2012 ini, kemudian tahun 2013 juga tahun 2014 itu fixnya di tahun itu EC 725 Cougar buatan Perancis akan menambah Alutsista kita,” jelas Dan Lanud saat ditemui usai kegiatan sertijab Dansatpom AU Lanud Ats, Kamis (19/4/12).


Tujuannya, sambung Dan Lanud, agar bisa memenuhi kebutuhan dalam tugas combat sar, harapannya dan tekadnya pemerintah ingin memenuhi kebutuhan terutama unsur helikopter.


Untuk mempersiapkan kedatangan EC 725 Cougar, menurut Dan Lanud, pihaknya akan mempersiapkan kemampuan anggota TNI AU baik secara teknik, maupun training peningkatan kemampuan pilot.


“Kemudian kesiapan anggota, tentunya dengan kehadiran Alutsista baru kita alih teknologi, atau kita siapkan. Seperti sebentar lagi akan ada helikopter EC 725 Cougar buatan Perancis, maka akan disekolahkan anggota, baik secara teknik maupun trainingnya. Untuk meningkatkan pilotnya, jadi yang lebih awal kita siapkan teknisinya, karena pemeliharaan itu kan harus disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya,” urai penerbang yang sempat merasakan kegagahan helikopter Twin Pack.


EC 725 Cougar, merupakan helikopter versi pengembangan dari Super Puma. Dibandingkan Super Puma dan Puma, helikopter ini memiliki tubuh lebih bongsor, tenaga lebih besar dengan dukungan dua mesin, serta lima bilah baling-baling.


Menurut Dan Lanud, teknologi serta kemampuan EC 725 Cougar di atas Puma dan Super Puma, kemudian dengan datangnya EC 725 Cougar, Alutsista di Skadron 6 dan Skadron 8 akan bertambah.(Bagja S Alam)(Bogorplus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...