Minggu, 06 Mei 2012

Prajurit TNI di Lebanon Amankan Bahan Peledak

Indobatt
Jurnas.com | PRAJURIT TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) yang sedang melaksanakan patroli rutin, menerima laporan penemuan dua buah bahan peledak UXO (Unexploded Ordnance) aktif dari seorang warga Ataibeh, Lebanon Selatan, yang bernama Nahli, pada hari Jumat (4/5).

Penemuan tersebut bermula saat Nahli memotong rumput di sekitar kebun dekat rumahnya. Selanjutnya prajurit Indobatt mengamankan UXO tersebut dengan memberikan tanda sesuai prosedur yang berlaku. Komandan patroli melalui piket TOC (Tactical Operation Center) meneruskan laporannya kepada Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Indobatt, Kapten Inf Risa didampingi Kasi Intel Kapten Inf Nurudin, Komandan Kompi Dragon Kapten Inf Rizky Kurniawan, Danki Chetha Kapten Mar Achmad Yuliyanto dan Danki Bantuan Kapten Inf S. Herman.

Mereka kemudian membawa tim Jihandak yang dimiliki Satgas mengecek kebenaran informasi tersebut ke lapangan. Setelah meyakini temuan tersebut adalah UXO dengan jenis bom Fosfor, selanjutnya Kasiops melaporkan kepada Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono untuk ditindak lanjuti.

Setelah melaksanakan koordinasi dengan LAF (Lebanese Armed Forces) dan melaporkan penemuan ini ke Sektor Timur UNIFIL, sesuai dengan prosedur penanganan. Bom selanjutnya diserahkan kepada LAF.

Pada hari itu juga LAF menurunkan tim jihandak mereka untuk menjinakkan bom tersebut. Bom yang diperkirakan sisa-sisa konflik antara Israel dan Lebanon tahun 2006 lalu. Selanjutnya dimusnahkan dengan cara diledakkan di sekitar tempat penemuan.

Usai pelaksanaan peledakan, warga yang menemukan bom tersebut mengucapkan terimakasih kepada personel Indobatt, bahwa laporannya segera direspon sehingga dirinya beserta keluarga tidak merasa kawatir lagi apabila pergi berkebun.

Berdasarkan siaran pers Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi, Sabtu (5/5) bom fosfor merupakan bom pyrophoric, materialnya bersifat mudah terbakar secara spontan, dan sangat aktif, mudah bereaksi dengan oksigen. Bom fosfor jika mengenai manusia menyebabkan luka bakar yang dalam dan menyakitkan. Luka bakar yang dihasilkan bisa sampai menembus tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...