Senin, 05 Desember 2016

Data Kekuatan Pertahanan Udara Indonesia

Dirilis Flight GlobalPesawat TNI AU [TNI AU]

Flight Global telah merilis data "World Air Forces Directory 2017" yang merupakan data tentang kekuatan udara berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Selain kekuatan Angkatan Udara, data itu juga memasukkan jumlah pesawat dan helikopter yang dimiliki oleh Angkatan Darat dan Angkatan Laut.


Angkatan Udara Indonesia dikabarkan memesan atau menunggu kedatangan 7 unit F-16 A/C, 10 unit Sukhoi, 4 unit Be-200 (Firefighting), 4 unit C212/ NC212i, 2 unit C295/ CN235, 12 unit H225M atau EC725 Cougar, 1 unit F-16 B/D, dan 2 unit KT-1B WongBee.
indonesian-forces-3

Angkatan Darat Indonesia memesan atau menunggu kedatangan 8 unit AH-64E Apache, 6 unit AS355, 5 unit AS350 dan 6 unit Mi-8/ Mi-17.

Sementara, Angkatan Laut Indonesia memesan atau menunggu kedatangan 5 unit CN235 (MPA), 1 unit C212, dan 8 unit helikopter AS365 Panther.

 Kekuatan Udara Nomer 7 Dunia 

Flight Global baru saja merilis laporan hasil analisa tentang kekuatan Angkatan Udara Dunia tahun 2017.


Untuk urusan kekuatan pesawat tempur, urutan nomer satu ditempati oleh Amerika Serikat, disusul China di nomer kedua dan Rusia di posisi ketiga. Hal ini menunjukkan perkembangan yang berarti bagi China yang mana telah melewati Rusia untuk urusan kekuatan pesawat tempur. India pun telah menyodok di posisi ke empat. Negara Eropa terdepak dari 10 besar kekuatan pesawat tempur dunia, yang hanya diwakili oleh Prancis, dan itu pun di posisi sembilan.

Untuk pesawat dengan kekuatan Special Mission, negara Amerika Serikat tetap bercokokol di posisi pertama, disusul oleh Rusia dinomer kedua. Namun tidak disangka Indonesia masuk nomer 10 besar kekuatan pesawat dunia untuk urusan special mission. Indonesia berada di posisi ketujuh, di bawah Prancis dan di atas Inggris.
TNI disebutkan memiliki sejumlah armada Pesawat Spesial Misi dalam TNI AU dan TNI AL. TNI AU memiliki tiga pesawat Boeing 737 (MPA) dan dua pesawat CN235 (MPA). Selain itu, Flight Global juga menyebutkan Indonesia sedang memesan empat unit Be-200 (Firefighting).
Adapun untuk matra laut, Indonesia disebutkan memiliki enam pesawat C212 (MPA), tiga unit CN235 (MPA) dan 28 unit Nomad (MPA). Indonesia juga dikatakan memesan lima unit CN235 (MPA). Dengan kekuatan itu, Indonesia dikategorikan FlightGlobal sebagai kekuatan udara nomer tujuh dunia untuk armada special forces.

Dalam laporan FlightGlobal di artikel World Air Forces 2017, juga disampaikan pesawat apa saja yang telah dimiliki dan sedang dipesan Indonesia, seperti data di atas. [Flight Global]

  Jakarta Greater  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...