Jumat, 23 Desember 2016

Batalyon Raider khusus 111/Karma Bakti Latihan Pemantapan Ralasuntai

Batalyon Raider Khusus 111/Karma Bhakti melaksanakan latihan pemantapan Rawa, Laut, Sungai dan Pantai (Ralasuntai) selama 2 (dua) hari, di Desa Sungai Raya, Bireun Bayen, Langsa, Aceh, Rabu (21/12/2016).

Koordinator materi Ralasuntai Lettu Inf Sanjaya Ardi Putra mengatakan, latihan ini bertujuan untuk melumpuhkan musuh dengan teknik dan taktik sesuai keadaan di perairan baik itu di bibir pantai, rawa-rawa maupun sungai yang bermuara.

Lettu Inf Sanjaya Ardi Putra menegaskan, prajurit Raider harus bisa menguasai materi Ralasuntai mulai dari bongkar pasang perahu LCR, teknik kemudi perahu LCR, teknik mendayung, teknik membalik perahu dan memegang dayung. Kemudian teknik mengintai dari balik perahu, renang taktis menggunakan pelampung ponco, renang taktis menggunakan PDL dan ransel, renang taktis menggunakan pelampung dari celana PDL, renang formasi, pancangan kaki pantai tingkat Peleton, tahapan Pancangan Kaki Pantai dan tahapan pendaratan regu siang hari.

Latihan Ralasuntai ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan khususnya untuk prajurit Raider dalam melaksanakan operasi di perairan, sehingga prajurit bisa melaksanakan operasi dengan baik, aman dan membuahkan keberhasilan,” cetus Lettu Sanjaya.

Selain materi Ralasuntai, lanjutnya, latihan pemantapan untuk materi gunung hutan dan operasi mobil udara juga dilaksanakan. “Kesemuanya itu bertujuan untuk melatih para Raider mengusai materi latihan sehingga memiliki kemampuan sebagai prajurit berkualifikasi khusus,” tandas Lettu Sanjaya.

  ⚓️ TNI AD  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...