Jumat, 23 Desember 2016

TNI Siapkan Satgas Kizi Konga XX-N/Monusco Misi PBB

Di KongoKomandan PMPP TNI, Brigjen TNI Achmad Marzuki menyematkan tanda pelatihan kepada prajurit. (papen)Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Achmad Marzuki menyematkan tanda pelatihan kepada prajurit. (papen)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menyiapkan Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-N/Monusco (Mission de L’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) yang akan bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian Misi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) selama satu tahun di wilayah Republik Demokratik Kongo.

Pembukaan Latihan Pratugas Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco digelar dalam suatu upacara militer pada beberapa waktu lalu, dengan Inspektur Upacara Komandan PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) TNI, Brigjen TNI Achmad Marzuki, di Markas PMPP TNI, Sentul Bogor, Jawa Barat.

Komandan PMPP TNI dalam amanatnya mengatakan bahwa, para prajurit Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco yang mengikuti PDT (Pre Deployment Training) di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI merupakan prajurit-prajurit yang terpilih melalui seleksi yang ketat dan sulit, yang nantinya akan tergabung menjadi seorang Peacekeepers.

Lebih lanjut Komandan PMPP TNI menyampaikan bahwa, materi latihan yang akan didapatkan personel Konga XX-N/Monusco meliputi, Materi Umum berupa CPTM (Core Pre Deployment Training Material), CPDT (Core Pre Deployment Training), Materi Teknis, Materi Pendukung dan beberapa Materi Aplikasi yang dirancang khusus, guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Personel Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco harus memahami karakterisitik wilayah Republik Demokratik Kongo yang tentu saja berbeda dengan negara kita, baik dari sudut geografis, demografis maupun kondisi sosial budayanya,” katanya.

zeniPeserta upacara latihan pratugas Satgas Kizi TNI di Markas PMPP TNI di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. (papen)

Menurut Brigjen TNI Achmad Marzuki, semua materi yang diberikan kepada peserta PDT merupakan bekal persiapan yang dirancang sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan SOP (Standar Operasi Prosedur) dan ROE (Rule Of Engagment) di daerah misi serta sejalan dengan tuntutan operasi penugasan.

Mengakhiri amanatnya, Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Achmad Marzuki memberikan beberapa penekanan kepada seluruh Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco, diantaranya : Pertama, tingkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa mendapat perlindungan-Nya dalam setiap pelaksanaan tugas. Kedua, laksanakan latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, kesungguhan, dedikasi dan disiplin yang tinggi sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Ketiga, tingkatkan profesionalisme prajurit dan kerja sama antar unit/tim serta pelihara kecakapan dan keterampilan teknis maupun taktis. Keempat, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan latihan, baik personel dan materiil. Kelima, tingkatkan kemampuan bahasa serta mempermahir penggunaan teknologi.

Jumlah personel TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco sebanyak 175 orang, terdiri dari 151 TNI AD, 19 TNI AL dan 5 TNI AU, dibawah pimpinan Mayor Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos sebagai Komandan Satgas.

Perwira Penerangan Konga XX-N/Monusco
Kapten Czi Wira Paramita, S.T.

  ☠ Poskota  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...