Senin, 21 November 2016

Latma Elang Indopura

Adu Strategi F16 Kedua Negara F16 TNI AU 

TNI AU
dan Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) membuka pelaksanaan Command Post Exercise (CPX) Latihan Udara Bersama Elang Indopura 2016.

Latma Elang Indopura 2016 dibuka dalam upacara militer di Paya Lebar AFB, Singapura dengan Irup Wakil COS RSAF Brigadir General Neo Hang Keat didampingi Wakil KSAU Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Kamis (17/11/2016).

Latma Elang Indopura tahun ini merupakan latihan yang ke-19. Latihan digelar dalam dua kegiatan yaitu Latihan Posko (CPX) di Singapura dan Manuver Lapangan (Air Maneuver Exercise – AMX) di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dari tanggal 21 November hingga 2 Desember 2016.

Dalam Latma kali ini, TNI AU akan mengerahkan lima pesawat tempur F-16 Figthing Falcon dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Demikian juga RSAF akan mengerahkan lima F-16 dengan didukung pesawat angkut dan helikoper untuk SAR.

Sebagaimana Latma Elang Indopura sebelum-sebelumnya, kedua Angkatan Udara akan melakukan latihan tempur udara bersama.

Kedua AU dapat dikatakan akan saling jajal kemampuan dan kemahiran masing-masing dalam melumpuhkan musuh di udara, walaupun sifatnya ini berupa latihan.

Pada kesempatan yang sama, TNI AU dan RSAF bersepakat untuk lebih meningkatkan hubungan dan kerja sama antara kedua Angkatan Udara.

Kerja sama yang dibangun antara lain melalui kegiatan latihan bersama (Latma), pertukaran perwira untuk pendidikan, dan pertukaran informasi keudaraan.

Bentuk-bentuk kerja sama tersebut akan makin ditingkatkan di masa mendatang.

Kesepakatan antara TNI AU dan RSAF itu dirumuskan sebagai bagian dari pembicaraan dalam Courtesy Call antara Wakil KSAU Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dengan Chief of Staff RSAF Major General Mervin Tan di Paya Lebar Air Force Base, Singapura, Kamis.

Kedua pejabat Angkatan Udara menilai, kerja sama yang sudah berjalan antara TNI AU dan RSAF selama ini memberikan manfaat positif bagi kemajuan kedua Angkatan Udara maupun kedua negara.

Dalam kunjungan kali ini Wakil KSAU didampingi tujuh Perwira Tinggi TNI AU yaitu Irjenau Marsda TNI Anang Murdiyanto, Aspam KSAU Marsda TNI Dedy Permadi, Asops KSAU Marsda TNI Barhim, Aspers KSAU Marsda TNI Yadi Husyadi, Pangkoopsu I Marsda TNI Yuyu Sutisna, Pangkopsau II Marsda TNI Umar Sugeng Hariyono, dan Dankodiklatau Marsda TNI EkoSupriyanto.

Sementara Chief of Staff RSAF didampingi Wakil COS RSAF Brigadir General Neo Hang Keat dan sejumlah pejabat RSAF lainnya.

  Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...