Jumat, 25 November 2016

Sekilas M3 Amphibious Rig

⍟ Kendaraan ponton raksasa produk GDELSM3 Amphibious Rig [wikimedia]

Indonesia diberitakan dari situs pertahanan Janes telah memesan M3 Amphibious Rig dari Czechoslovak Group, perusahaan konglomerasi pertahanan di Ceko dan Slovakia, yang mendapatkan kontrak sebesar US$ 39 juta untuk pengadaan beragam perlengkapan tempur dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Dengan banyaknya sungai di Indonesia, kendaraan ponton raksasa yang akan di akuisisi TNI ini sangat berguna untuk mobilisasi alutsista TNI, seperti membantu pergerakan MBT Leopard dan lainnya. Juga kedepan alat ini berguna bila terjadi bencana yang menghancurkan infrakstruktur jembatan, sehingga alutsista ini dapat membantu pergerakan bantuan logistik kedaerah yang terisolasi dapat segera tuntas.

Menjalankan peran sebagai ferry.Menurut situs Indomiliter, alutsista produk barat, General Dynamics European Land Systems (GDELS) ini akan di gunakan pasukan zeni TNI AD.

Saat melaju di darat, M3 Amphibious Rig tak ubahnya truk berukuran raksasa, punya panjang 12,74 meter, lebar 3,35 meter dan tinggi 3,93 meter. Sebagai platform yang sifatnya self deployable by road dengan penggerak 4×4. Saat melaju di jalan mulus, M3 mampu melaju dengan kecepatan maksimum 80 km per jam.

M3 Amphibious Rig sudah battle proven saat digunakan militer Inggris dalam mendukung Operasi Telic dalam invasi Irak. Sampai saat ini pengguna M3 Amphibious Rig adalah Brasil, Singapura, Taiwan, Inggris dan Jerman.

http://c8.alamy.com/comp/A2WCYN/british-army-m3-amphibious-rig-crossing-water-obstacle-during-exercise-A2WCYN.jpg
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/19/M3G_ferry_4.jpg
http://www.combatandsurvival.com/images/articles/news/2015/Abrams-Crossing.jpg
http://www.army.mod.uk/images/central-panel/502x335_Amphibious_operators.jpg

  Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...