Rabu, 26 Agustus 2015

[World] Kenapa Tu-95 Mampu Terbang Hingga 2040?

Simbol Pesan http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/08/Tu-95-F-14-TU-95-e1440231486532.jpgDua simbol Perang Dingin F-14A US Navy mengawal Tu-95 Bear di atas Samudera Hindia, 1979. [US Navy] ☆

Jika melihat bomber strategis Rusia Tu-95 Bear maka seperti melihat anakronisme terbang 59 tahun. Sebuah pesawat sisa Perang Dingin yang masih hidup dan lama di abad siluman adalah raja.

The Bear telah menunjukkan tanda-tanda usia. Dalam beberapa bulan terakhir, dua Tu-95 kecelakaan yang mengakibatkan 50 pesawat di-grounded untuk menyelesaikan masalah mekanis.

Selain itu, Bear benar-benar pesawat yang berisik dan sangat mudah dideteksi. Bahkan raungan mesin turboprop-nya benar-benar keras hingga kapal selam di dasar laut pun tanpa perlatan bisa mendengar ketika Bear melintas di atasnya. Selain itu tubuhnya yang besar akan menjadikan radar dengan santai bisa menangkap gerakannya.

Tapi seorang jenius penerbangan era Perang Dingin, Andrei Tupolev tidak bodoh. Dia merancang sebuah pesawat yang dapat membawa satu neraka dari beban yang dia bawa berupa bom dan rudal, mampu terbang ribuan mil dari pangkalan di Rusia, berkeliaran di tepi wilayah udara musuh, dan memberikan kehancuran megaton nuklir.

Seperti pada 4 Juli 2015 lalu beberapa pembom Bear terbang mendekati pertahanan udara zona identifikasi pertahanan udara Amerika di California dan Alaska. Bahkan, beberapa Bear terbang hanya dalam jarak 40 mil dari garis pantai California.

Secara teknis, para pembom itu masih dalam wilayah udara internasional. Tapi semua juga tahu Kremlin sedang mengirim pesan dengan mengirimkan bombernya.

Misi menerbangkan Tu-95 benar-benar dirancang dan terutama dimaksudkan untuk menunjukkan kebanggaan Rusia dan identitas nasional,” kata Scott Palmer, profesor sejarah di Western Illinois University dan penulis Dictatorship of the Air: Aviation Culture and the Fate of Modern Russia.
Evolusi Pengganti Bull http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/07/tu-95-f-15-e1440231615211.jpgPada tahun 1956, Militer Angkatan Udara Soviet ingin mencari pengganti Tu-4 Bull, bomber berkemampuan nuklir pertama Uni Soviet. Bull adalah salinan B-29 – Tupolev menggunakan B-29 yang jatuh sebagai dasar produksi dengan reverse-engineered.

Tapi meskipun itu tiruan dari jenis yang sama pesawat yang menjatuhkan senjata nuklir Hiroshima dan Nagasaki, Bull tidak memiliki kisaran yang panjang sehingga tidak bisa digunakan untuk menyerang sasaran di Amerika Serikat jika diterbangkan dari Rusia.

Pembom Soviet baru harus memiliki berbagai setidaknya 5.000 mil rentang terbang dan membawa beban sembilan ton bom.

Desain baru Tupolev sangat besar bahkan dilihat dengan standar kontemporer. Pesawat yang sempit, Bear dengan panjang lebih dari 150 kaki dan lebar sayap 164 kaki. Terlebih lagi, sayap menyapu pada sudut 35 derajat untuk mengurangi drag.

Selain itu, Bear memiliki kemampuan terbang 9000 mil tanpa mengisi bahan bakar. Karena pada awalnya dirancang pada 1950 untuk membawa bom gravitasi nuklir, memiliki pintu bom besar dan banyak ruang di sayap untuk mengakomodasi tambahan senjata baru.

Modifikasi yang memunculkan varian terbaru yakni Tu-95MS dapat membawa 16 AS-15 Kent cruise missiles – enam internal MKU 5-6 rotary launcher, dan 10 senjata di external wing pylons. Setiap rudal mampu membawa hulu ledak nuklir 200-kiloton, kurang lebih setara dengan 10 kali bom atom yang menghancurkan Nagasaki.

Tahun lalu, Rusia meng-upgrade delapan Tu-95S menjadi varian MS dengan 10 Bear lain juga dijadwalkan akan dimodifikasi dan dikirim kembali ke layanan pada 2016.

Sejak tahun 1950, inovasi teknis sebenarnya adalah pada mesin turboprop Bear yang menghasilkan 14.000 tenaga kuda. Empat mesin Kuznetsov NK-12M masing-masing dengan dua baling-baling kontra-rotating adalah mesin turboprop paling kuat di dunia.

Rahasia kekuatan mesinnya terletak pada bilah baling-baling 20 kaki yang mampu secara lama memecahkan hambatan suara ketika pilot throttles up. Inilah salah satu alasan pesawat ini sangat keras suaranya.

Pesawat yang bisa membawa tujuh awak dikonfigurasi tidak hanya untuk pengeboman strategis tetapi juga untuk patroli maritim dan foto intelijen. Bahkan ada versi yang digunakan sebagai pesawat penumpang, dan Bear yang dimodifikasi khusus untuk menjatuhkan Tsar Bomba – bom nuklir paling kuat di dunia yang pernah meledak – selama uji ledakan Soviet pada 1961.
Sulit Diabaikan http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/01/tu-95-lagi-e1422524822788.jpgDengan segala kekurangan dan keusangannya kenapa Bear masih digunakan bahkan bisa bertahan hingga 2040? Hans M. Kristensen, Direktur Proyek Informasi Nuklir untuk Federasi Ilmuwan Amerika, mengatakan kepada War is Boring pesawat itu masih akan terbang lama karena Federasi Rusia memang tidak memiliki banyak pilihan.

Industri pertahanan Rusia jatuh ke dalam kekacauan setelah runtuhnya Uni Soviet dan belum cukup pulih untuk mempertahankan program bomber baru, kata Kristensen. Rusia sedang mengembangkan sebuah jet pembom generasi berikutnya yang diharapkan mulai tes penerbangan di awal awal 2020, tapi itu masih harus dilihat apa yang mereka dapat membangun dan seberapa cepat itu dapat digunakan.

Umumnya, pesawat dapat terbang untuk waktu yang sangat lama, selama suku cadang yang tersedia,” katanya. “Mesin Propeller yang umumnya kurang kompleks untuk beroperasi dari mesin jet dan berbagai jenis pesawat modern juga menggunakan baling-baling.”

Selain itu, meskipun Bear tidak akan bertahan lama terhadap sistem pertahanan udara yang modern, tetapi dilengkapi dengan rudal jarak jauh yang menyediakan kemampuan stand-off yang cukup. Jadi untuk saat ini, Bear masih dibutuhkan dalam layanan Rusia untuk pengiriman senjata, sinyal dan prestise nasional.

Pesawat ini mungkin cacat, namun bomber Bear akan kuat baik sebagai platform senjata dan simbol kekuatan Rusia tahun-tahun mendatang. Bahkan dengan rencana untuk membangun bomber bertenaga jet dalam dekade berikutnya, upgrade akan memungkinkan raksasa Perang Dingin untuk tetap terbang hingga 2040.

Pesawat ini sudah tua, sudah jelas memiliki masalah mekanik – fakta sulit untuk mengabaikan sementara Tu-95 memainkan peran kunci dalam upaya berlebihan Kremlin untuk mengesankan saingan asingnya.

Tapi sangat sulit mengabaikan keberadaan sebuah pembom yang bisa terbang dalam mil dari garis pantai Anda bersenjata lengkap dengan rudal jelajah berujung nuklir. Tu-95 adalah anakronisme terbang,” kata Palmer, “Dan tetap merupakan komponen penting dari kekuatan udara strategis Rusia.” [War is Boring]

  jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...