Sabtu, 29 Agustus 2015

[World] Misteri Kapal Selam Baru Rusia

Kembalinya Si Moskow BS-64 Podmoskovie

Pada tanggal 11 Agustus 2015 di pelabuhan Severodvinsk di Rusia utara, sebuah objek berbentuk hitam besar dan mengesankan muncul dari dermaga kering, diamati oleh jajaran pejabat berseragam. Itulah “Moskow”, kapal selam terbaru Angkatan Laut Rusia dengan panjang 574 kaki dan bobot 18.000 ton yang dilengkapi paket dua reaktor nuklir.

Sebenarnya ini bukan kapal selam yang sepenuhnya baru. Disebut sebagai kapal selam nuklir BS-64 Podmoskovie yang sebelumnya dikenal sebagai K-64 atau yang oleh NATO dikenal dengan Delta-IV. Tetapi melalui Proyek 667BDRM kapal selam ini telah menghabiskan lebih dari 15 tahun di sebuah fasilitas perbaikan yang terletak di kota pelabuhan Rusia dari Severodvinsk. Ditetapkan pada tahun 1982, kapal selam ini ditugaskan empat tahun kemudian dan tetap dalam pelayanan sampai tahun 1999.

Selama operasinya kapal selam rudal balistik ini pernah berkeliaran di bawah es Arktik, dengan menggendong rudal balistik berujung nuklir, menunggu Armageddon.

Kapal selam ini membuat sejumlah pengamat bertanya-tanya. Moskow diyakini memiliki misi baru. Dia tampaknya menjadi bagian kapal ilmu pengetahuan, bagian kapal mata-mata, transportasi komando, dan kapal selam yang akan menjadi induk untuk kapal selam mini dan drone. Tapi tidak ada yang tahu pasti kecuali Kremlin dan kru Moskow.

Ada banyak pertanyaan di sini,” kata Eric Wertheim, seorang analis angkatan laut terkemuka di Amerika Serikat dan penulis Combat Fleets of the World, panduan referensi angkatan laut.

Satu hal yang pasti apapun tujuannya, Moskow adalah tanda terbaru dari upaya Rusia untuk membangun kembali angkatan laut mereka yang dalam kondisi terpuruk pasca runtuhnya Soviet. Seperempat abad setelah Perang Dingin berakhir, sekali lagi Rusia muncul menantang Angkatan Laut AS di dunia bawah laut.
Misteri Misi Moskow memulai hidupnya sebagai kapal selam rudal balistik kelas Delta IV yang diawaki oleh 135 pelaut dan dipersenjatai dengan 16 rudal balistik antarbenua, masing-masing dengan empat hulu ledak independen yang dapat memisahkan diri dari roket dan menuju Bumi, memaksimalkan dalam menghancurkan kota.

Pada tahun 1999, Kremlin memerintahkan Moskow ke dermaga kering di Severodvinsk untuk direkayasa ulang dengan dana 443 juta rubel, atau sekitar US$ 7 juta. Rencananya adalah dengan menghilangkan tabung rudal untuk digunakan menempatkan peralatan khusus untuk misi rahasia, mengubah Moskow menjadi menjadi kapal dengan predikat “misi khusus”.

Tugas kapal selam semacam ini salah satunya menguntit kapal selam dan kapal selam permukaan dengan diam-diam. Dengan dipersenjatai rudal non-nuklir dan torpedo mereka siap menghancurkan target. Kapal misi khusus juga digunakan untuk misi lain seperti menguji teknologi baru; mengangkut pasukan komando angkatan laut pada misi rahasia; mendukung deep-diving kapal selam mini dan robot bawah air; dan tentu saja mengumpulkan data intelijen serta mencegah kapal selam musuh dari mengumpulkan data intelijen.

Amerika Serikat adalah pemimpin dunia dalam teknologi kapal selam dan memiliki kapal selam khusus-misi yang paling berteknologi maju, termasuk empat kapal selam rudal balistik misterius yang dikonversi USS Jimmy Carter salah satu dari kapal selam kelas Seawolf.

Memasuki layanan di tahun 2004, Jimmy Carter adalah salah satu kapal perang yang paling rahasia Angkatan Laut. Tidak ada satupun yang mau mengomentari fitur kapal dan penyebaran. Tapi Owen Cote, seorang ahli kapal selam di Massachusetts Institute of Technology, mengatakan, kapal mungkin memiliki kemampuan untuk memungkinkan penyelam dan drone bawah laut keluar dan masuk kembali ke kapal selam ketika kapal itu sedang terendam.

Tidak jelas apa yang Jimmy Carter lakukan selama penyebaran berbulan-bulan, mungkin dia menuju ke dasar laut sehingga penyelam dan robot dapat menempatkan alat penyadapan pada kabel bawah laut, yang memungkinkan badan intelijen AS untuk mendengarkan komunikasi termasuk lalu lintas internet. Selama Perang Dingin, kapal selam AS misi khusus sering menembus pertahanan Soviet dengan melakukan penyadapan kabel komunikasi Moskow.

Hari ini ada cara yang lebih baik untuk memasuki kabel serat optik untuk masuk menyadap komunikasi global. “Saya tidak berpikir Anda perlu menggunakan Jimmy Carter untuk melakukan itu,” kata Cote. “Akan jadi pemborosan jika menggunakan asset itu.

Tapi salah satu mantan pejabat Rusia menegaskan bahwa NATO, aliansi militer pimpinan AS Eropa, masih sering berusaha meretas kabel Moskow. “Saya perhatikan bahwa setiap tahun sejumlah perangkat tersebut akan dihapus dari link kita,” kata pensiunan Laksamana Viktor Kravchenko, mantan kepala staf umum angkatan laut Rusia, mengatakan kepada satu situs berita Rusia.

Kravchenko mengklaim bahwa misi utama kapal selam Moskow adalah untuk mengangkut kapal selam mini bertenaga nuklir yang bisa turun ke laut yang dalam untuk membersihkan alat-alat penyadapan.

Tetapi Moskow juga bisa menempatkan alat penyadapan mereka sendiri,” kata Laksamana Valentin Selivanov, pensiunan laksamana Rusia lain yang dulu menjabat sebagai komandan kapal selam.

Seperti Cote, Norman Polmar-ahli angkatan laut yang lain mengatakan penyadapan bawah laut sudah tidak lagi banyak dilakukan “Hanya ada sedikit kabel bawah laut Rusia yang bisa disadap,” kata Polmar. Selain itu, ia menambahkan, “Sekarang lebih banyak barang bergerak melalui udara.
Tak Bisa Diremehkan Namun, Polmar memperingatkan untuk tidak meremehkan Moskow. Kapal selam ini harus mendapat perhatian khusus karena bisa jadi akan ada kemampuan yang mengejutkan “Apakah ada sesuatu yang mengejutkan di kapal selam itu? Sangat mungkin,” kata Polmar.

Polmar mengatakan ia telah beberapa kali mengunjungi semua biro teknik yang merancang kapal selam Rusia. “Orang-orang ini jauh lebih inovatif daripada kita.

Industri galangan kapal angkatan laut Rusia masih memiliki keahlian mengesankan, tetapi telah menderita dari dana pemerintah yang tidak konsisten dan tidak memadai sejak Perang Dingin berakhir. Dari ratusan kapal bawah laut selama era Soviet, hari ini angkatan laut Rusia hanya memakai beberapa lusin kapal selam saja ke laut. Bahkan untuk membongkar ulang Moskow mereka membutuhkan waktu 16 tahun.

Kapal adalah sistem dari sistem dan memerlukan pendanaan yang stabil selama jangka waktu yang panjang,” kata Wertheim. Dan stabilitas ekonomi Rusia belum menjamin hal itu bisa berlangsung.

Moskow meninggalkan dock pada 12 Agustus tetapi masih bisa setahun lagi untuk benar-benar siap tempur. Dan kapal selam itu akan terus menjadi objek hitam, besar dan misterius. [The Daily Beast]

  jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...