Jumat, 18 Desember 2015

Cerita Tentara Mempertahankan Patok Perbatasan RI-PNG

Satuan Tugas Yonif 411/Raider Kostrad patroli di wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini (PNG). Tugas pokok mereka adalah menjaga patok MM 1 di Skouw-Wutung sampai perbatasan patok MM 2.3 di Scofro.

Yonif 411/Raider Kostrad merupakan salah satu Satgas yang bertugas di perbatasan Indonesia-PNG. Meski berat, tugas ini harus dilaksanakan demi mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Anggota melakukan patroli untuk membuat jalan dari patok ke patok. Selama perjalanan juga sempat menemui beberapa kendala karena melewati medan yang memang tidak pernah dilalui manusia," kata Dansatgas Yonif 411/Raider Kostrad, Letkol Inf Nandang Dimyati, Rabu (16/12/2015).

Nandang menceritakan, personel Yonif 411/Raider Kostrad membuat lorong jalan baru dan memberi tanda untuk mempermudah patroli Satgas Yonif 411/Raider selanjutnya. Personel Yonif 411/Raider Kostrad kesulitan melaksanakan orientasi medan karena GPS tidak berfungsi dan sinyal handphone tak mendapat jaringan.

"Yang menyulitkan kami untuk berkomunikasi kecuali dengan menggunakan HT, sehingga kami berusaha untuk mencari medan terbuka agar dapat mencari koordinat keberadaan kami," ujar Nandang.

Menurutnya, meski sulit dalam melakukan pengecekan langsung keadaan patok perbatasan dan medan di sekitar patok-patok, personel Yonif 411/Raider Kostrad gigih tetap melaksanakan tugas.

"Selama perjalanan memang medan masih tertutup dan lumayan sulit dilalui, ada juga lorong jalan yang kemungkinan menjadi jalan perlintasan dari PNG menuju RI. Bahkan, untuk menempuh patok ada yang butuh waktu dua hari dua malam melalui hutan belantara," kata dia.

Nandang melanjutkan, patok-patok di perbatasan RI-PNG dalam keadaan baik, terawat, dan tak mengalami pergeseran. “Kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi negara dalam upaya kami menjaga dan mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI," katanya.
 

  metrotv  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...