Selasa, 15 November 2016

Jokowi Akan Saksikan Latihan Tempur TNI di Natuna

൬ Usai Kunjungi Mabes൬ Manuver MBT Leopard 2RI di Natuna [Lembaga Keris]

Interaksi Presiden RI Joko Widodo dengan TNI makin intens belakangan ini. Usai mengunjungi Mabes TNI pekan lalu, presiden dijadwalkan melihat langsung latihan mereka.

Rencananya, pada 19 November nanti akan digelar latihan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) bersama-sama satuan khusus dari matra lain. Latihan ini melibatkan TNI AL dan TNI AU.

Latihan itu rencananya akan ditinjau langsung Presiden Joko Widodo,” ujar KSAD Jenderal Mulyono, Minggu (13/11/2016).

Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mengasah kemampuan tempur mereka. Kali ini, TNI AD mengelar latihan di Laut Natuna. Unjuk kekuatan itu untuk menunjukkan kepada dunia kehebatan militer Indonesia.

Kemarin (13/11), Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono meninjau langsung puncak latihan taktis antar kecabangan (Lattis Ancab) itu di Tanjung Datuk, Pulau Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Kedua pimpinan militer itu menaiki Tank Angkut M113 yang pengemudi dan petembaknya diawaki Kowad. Peninjauan bergerak dari titik tinjau sampai ke sasaran di Pulau Pendek yang diskenarionakan sebagai tempat musuh.

Jenderal Gatot mengapresiasi latihan tempur di Laut Natuna. Dia juga merasa bangga terhadap seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan. “Semoga berjalan sukses, lancar dan aman,” terang dia. Dengan latihan itu, prajurit akan semakin terlatih dan hebat di medan tempur.

Sementara itu, KSAD Jenderal Mulyono menyatakan, Lattis Ancab 2016 itu dilakukan agar unsur pimpinan tingkat brigade mampu melaksanakan prosedur hubungan komandan dan staf dalam suatu operasi tempur. “Serta mengasah keterampilan dan profesionalisme prajurit dalam hubungan satuan,” terang dia.

Seperti manuver serangan, pemindahan pasukan dalam situasi taktis, kerjasama infanteri dan tank (KSIT), memberikan bantuan tembakan kepada satuan manuver, melaksanakan penembakan sasaran udara, dan mampu melaksanakan implementasi hukum HAM dan Humaniter.

Latihan tempur yang itu melibatkan prajurit dari satuan Brigif 13/1 Kostrad. Yaitu, Yonif Raider 303/SSM dan Yonif Raider 323/BP dengan perkuatannya.

Seperti, Yonif Para Raider 501/BY, Yonif Para Raider 432/K, Grup 3/Sandha Kopassus, Yonif Mekanis 201/JY Kodam Jaya, Yonkav 1/BCC, Yon Armed 9/155/GS/P, Yon Armed 10/105, Yon Armed 10/Astros, Yon Armed 13/76/TRK, Yonarhanud 1/PBC, Yonzipur 9/LB, Yonbekang 1/TBY, Yonkes 1/YKU, Denpal Kostrad, Denhub Kostrad, Denpom Kostrad, Jet Ski dan Sea Raider Yonif 136/TS, Yonif Mekanis 412, Yonif Mekanis 413, Heli Puspenerbad, satuan Bantuan Administrasi (Banmin) dan di dukung oleh Satgas Intel serta Satgas Teritorial.

Menurut Mulyono, latihan tahun ini melibatkan 3.551 prajurit dari berbagai kecabangan yang ada di TNI AD dan mengerahkan alutsista untuk mendukung pelaksanaan latihan.

Alutsista yang dikerahkan dalam latihan ini, diantaranya, Tank Leopard, Tank AVLB, Tank ARV, Ranpur Marder, Ranpur M 113 A1, Ranpur Anoa, Meriam 23mm/GB, Meriam 76 mm, Meriam 105 mm, Meriam 155 mm, Roket Astros, Helly MI 35, Helly MI 17, Helly Bel 412 dan Mortir 81.

Mulyono menyatakan, peserta latihan jangan cepat berpuas diri dengan apa yang sudah dicapai. Dia mendorong prajurit agar lebih fokus dan semangat dalam menghadapi latihan berikutnya. “Mereka akan menghadapi latihan gabungan.” (jpg)
 

  Fajaronline  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...