Sabtu, 19 November 2016

Pasukan Pengawal Kapolri

✈ Naked Bike Naked Bike [Ery]

Mungkin sering Anda melihat ketika sedang berada di jalan protokol Ibukota ada serangkaian iring-iringan pejabat tinggi yang dikawal motor gede (moge) digaris depan dan belakang rangkaian ketika melintas. Lain halnya dengan patroli pasukan bermotor pengawal yang menyertai iring-iringan Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia), motor yang mereka gunakan bukan moge, melainkan naked bike. Dengan begitu, akselerasi pasukan ini lebih terbuka dibandingkan menggunakan moge karena lebih ringkas namun tetap trengginas.

Menurut penuturan personel yang Angkasa jumpai dan tak ingin disebutkan namanya, kendaraan bermotor yang dimiliki pasukan ini seluruhnya berjumlah sepuluh unit yang terdri dari tiga merek kendaraan bermotor terkemuka di dunia, yakni Harley Davidson, Victory dan Triumph.

Untuk Triumph, model yang dimiliki pasukan ini adalah MY15 Speed Triple R ABS. Model ini tidak dijual di Indonesia, namun pada kelas yang sama (roadsters), hanya Triumph Street Triple yang terdapat di Indonesia.

Soal harga, dari laman resminya, naked bike yang lahir pada tahun 2015 ini dibandrol dengan harga 14.699 dolar Amerika Serikat atau sekitar 193.924.000 Rupiah.

 SPESIFIKASI : 

☠ Horse Power 121.1 hp @ 9190 rpm
☠ Torque 75.0 lb.-ft. @ 6780 rpm
☠ Top Speed 150 mph
☠ Fuel Mileage 37 mpg
☠; Wheelbase 56.7 in.
☠ Gearbox 6 Speed
☠ Oil Capacity 1.0US Gallon
☠ Frame Aluminium beam twin-spar
☠ Brembo 4-piston Monobloc radial calipers ☠ Switchable ABS
☠ LCD Multi-Functional Instrument
☠ Digital Speedometer

 Standar Pasukan Patroli Bermotor Pengawal Kapolri 
http://www.sigsauer.com/upFiles/catalog/product/SIG516-Patrol-large.jpgPejabat tinggi baik di institusi Kepolisian maupun Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi. Dengan tingginya mobilitas mereka dalam menjalankan tugas negara yang diemban, para pejabat tinggi didampingi pasukan patroli bermotor pengawal yang siap sedia memastikan perjalanan yang mereka lalui dalam keadaan aman. Selain itu, pasukan patroli pengawal pun dilengkapi dengan persenjataan untuk mendukung tugasnya.

Dalam rangkaian iring-iringan Kapolri, terdapat dua motor yang mengawal pada garis depan dan belakang yang terdiri dari dua personel pada setiap motor. Pasukan yang mengawal diambil dari anggota Gegana Brigade Mobil (Brimob) Polri. Pasukan ini dilengkapi dengan senjataan laras panjang SiG Sauer 516 CQB yang dipegang oleh personel yang dibonceng. Dengan senjata tersebut, pasukan ini memiliki kompetensi untuk melakukan pertempuran jarak dekat bila memang terjadi gangguan dari kelompok bersenjata.

Sebelum menjadi pasukan pengamanan Kapolri, terlebih dahulu mereka menjalani pendidikan selama satu bulan di Sentul. Pasukan ini dibentuk untuk memiliki kemampuan mengendara taktis, menggunakan senjata sambil berkendara, evakuasi, pertempuran jarak dekat (Close Quarter Battle/CQB) dan sebagainya.

Author: Fery Setiawan

  Angkasa  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...