Kamis, 14 Januari 2016

Ledakan Guncang Thamrin Jakarta

Kronologi https://images.detik.com/community/media/visual/2016/01/14/c0b257f9-146d-48c3-b72e-08cb867684e8_169.jpg?w=620&mark=undefined&image_body_visual_id=198270Polisi berlari menuju Gedung Sarinah untuk mengejar pelaku peledakan. (ANTARA/M Agung Rajasa)

Dua ledakan terjadi di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Suasana tampak mencekam. Polisi menutup dan mensterilisasi kawasan itu. Jalan Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia ditutup untuk dua arah.

Berikut pantauan langsung tim CNNIndonesia.com --Aulia Bintang Pratama, Megiza, Abraham Utama, Aghnia Adzkia, Lalu Rahadian, dan Susetyo Dwi Prihadi-- di lokasi kejadian.

Pukul 10.20

Ledakan mengguncang kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Disusul oleh rentetan ledakan berikutnya.

Pukul 11.00

Tembak-tembakan masih terdengar di Pos Polisi Sarinah, Thamrin Jakarta. Pos polisi hancur. Total terdengar enam ledakan. Polisi datang dengan senjata lengkap.

Satu orang terlihat tergeletak di tengah jalan Pos Polisi Sarinah, sedangkan satu orang lain berkewarganegaraan asing tergeletak di depan Starbucks.

Pukul 11.10

Empat polisi masuk dari Gedung Bangkok Bank ke lokasi kejadian. Tembakan mulai reda.

Pukul 11.11

Polisi mulai menyerbu ke jalan dekat lokasi ledakan dan tembak-menembak yang berada di dekat Starbucks. Masih terdengar suara ledakan.

Pukul 11.12

Puluhan polisi bermotor menuju lokasi kejadian melalui Hotel Sari Pan Pacific.

Pukul 11.13

Polisi bersenjata lengkap laras panjang sudah masuk ke lokasi ledakan.

Dari kesaksian warga, ada sejumlah korban meninggal dunia, namun belum bisa dikonfirmasi dari pihak berwenang.

Pukul 11.15

Polisi menemukan senjata di lokasi.

Pukul 11.16

Kapolda Metro Jaya dan Kabareskrim Polri bergerak menuju pos polisi dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.
Kawasan yang dilanda ledakan di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (Dok. Istimewa)

Pukul 11.20

Tembak-menembak terdengar berhenti.

Pukul 11.25

Polisi antiteror bergerak ke lokasi dan beberapa dari mereka mengarahkan senjata ke atas Gedung Sarinah.

Di depan Gedung Sarinah juga dipenuhi polisi antiteror. Garis polisi dipasang dari bekas Gedung Kedutaan Australia sampai Kebon Sirih.

Pukul 11.27

Ambulans terlihat masuk ke lokasi kejadian. Ini ambulans kedua yang menuju lokasi setelah beberapaw aktu sebelumnya satu ambulans telah masuk lebih dulu.

Pukul 11.29

Dari video yang ditayangkan TVOne, terlihat bom meledak dua kali di Pos Polisi Sarinah yang menghancurkan pos polisi di perempatan kawasan itu.
Peta lokasi ledakan di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Diolah dari Google Maps/Fajrian)

Pukul 11.30

Polisi melakukan sterilisasi lokasi kejadian, dari perempatan Patung Arjuna sampai Bundaran HI.

Pukul 11.35

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah rampung bersaksi di persidangan Jero Wacik sempat menunggu setengah jam untuk memastikan jalur yang dilaluinya menuju Istana aman.

Pukul 11.41

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo tiba di lokasi. Dia membawa pasukan beranggotakan sekitar 30-40 personel. Mereka masuk ke lahan kosong sebelah Wisma Mandiri dan melakukan pemantauan dari lahan rimbun oleh ilalang itu.

Seorang satpam mengatakan ada pelaku yang lari ke arah gedung perkantoran di sekitar Sarinah.

Pukul 11.55

Kadiv Humas Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan ledakan bukan bom bunuh diri, tapi granat yang dilempar dari motor.

Di atas gedung Djakarta Theater ada kelompok bersenjata yang sedang diburu Tim Brimob, Gegana, dan Densus.

Gedung Djakarta Theater diawasi tim penembak jitu atau sniper.

Pukul 11.58

Gedung Djakarta Theater masih dikepung polisi. Terdengar suara tembakan. Polisi meminta wartawan mundur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal mengatakan ledakan mengincar pos polisi lalu lintas Sarinah. Jumlah pelaku belum bisa dipastikan, namun lebih dari empat orang.

Petugas melakukan proses evakuasi gedung Skyline dan memburu pelaku ke lantai atas

Pukul 12.00

Tembakan terdengar berulang kali dari arah Gedung Lotus tepat di belakang Starbucks.

Gedung diawasi sniper. Jenazah korban belum diangkat masih menunggu kantung mayat.

Pukul 12.04

Kapolres Jakarta Barat Komisaris Besar Rudy Heryanto menetapkan status siaga 1 untuk wilayahnya.

Pukul 12.10

Wartawan CNNIndonesia.com yang berada di Gedung Sarinah mendengar ledakan dari arah Tanah Abang. Sebelumnya juga terdengar tembakan di Gedung Lotus berulang kali dan ada suara pecahan kaca.

Suasana makin mencekam. Polisi berkumpul di pintu masuk Cinema XXI Djakarta Theater. Beberapa polisi terlihat berlarian menuju Pos Polisi Sarinah yang hancur. Polisi mengerahkan water cannon, helikopter.

Pasukan senapan laras panjang tiba.
Polisi dengan rompi antipeluru turun ke lokasi ledakan dan tembak-menembak di pusat Jakarta. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)

Pukul 12.13

Sebanyak 500 personel polisi diterjunkan ke pusat Jakarta yang diguncang ledakan.

Lima ambulans disiapkan di depan Hotel Sari Pan Pacific.

Pukul 12.19

Tim Gegana beranggotakan belasan orang menyusuri Djakarta Theater. Mereka berpakaian lengkap termasuk rompi antipeluru, dan menyandang senjata laras panjang.

Pukul 12.22

Toko-toko di kawasan Sarinah seluruhnya tutup.
Pasukan Detasemen Khusus Antiteror 88 di lokasi ledakan. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Pukul 12.25

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan ledakan di Sarinah, Jakarta Pusat, merupakan peringatan untuk siaga satu.

Tjahjo menyatakan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah mendatangi lokasi ledakan untuk memantau langsung.

Pukul 12.27

Pengamanan Istana Kepresidenan diperketat. Pasukan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Detasemen Deteksi menurunkan anjing pelacak dan menyisir kompleks Istana.

Pukul 12.31

Satu korban masuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Belum diketahui bagaimana kondisi korban.

Pukul 12.37

Presiden Jokowi kembali ke Jakarta dari kunjungannya ke Cirebon. Dia akan langsung menggelar rapat kabinet terbatas setibanya di ibu kota.

Pukul 12.45

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang berkunjung ke daerah perbatasan kembali ke Jakarta untuk mengikuti rapat kabinet terbatas yang dipimpin Jokowi.

Pukul 12.46

Evakuasi dilakukan di bagian belakang Hotel Sari Pan Pacific. Ambulans masuk hotel. Korban yang dievakuasi adalah yang sebelumnya tergeletak di Pos Polisi Sarinah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal mengatakan korban jatuh berasal dari polisi, pengunjung, dan pelaku. Menurutnya, pelaku dilumuhkan.

Pukul 12.52

Presiden Jokowi menyampaikan duka atas tragedi ledakan bom di Thamrin Jakarta Pusat; mengecam teror tersebut; memerintahkan Kapolri dan Menkopolhukam untuk mengejar dan menangkap pelaku serta seluruh jaringannya. Jokowi juga meminta masyarakat untuk tetap tenang.

Pukul 12.54

Mal Grand Indonesia yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, menyatakan tutup sementara karena ledakan di sekitar Sarinah.

Pukul 13.09

Proses evakuasi jenazah sedang berlangsung di sekitar Pos Polisi Sarinah, lokasi ledakan di jantung kota Jakarta. Terlihat empat mobil ambulans, dua dari PMI dan dua lagi dari polisi.

Sedikitnya dua jenazah telah diangkut menggunakan kantong jenazah berwarna oranye dan dimasukkan ke mobil ambulans.

Pukul 13.10

Kabid Humas Polda Metro Jaya M. Iqbal mengatakan empat pelaku berhasil dilumpuhkan dan ditembak mati di jalan dan Menara Cakrawala, Kebon Sirih.

Total ada tujuh korban tewas, pelaku dan dari masyarakat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian dan Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan memantau di lokasi kejadian.

Pukul 13.13

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan ledakan hanya terjadi di Sarinah, tak ada di lokasi lain.

Pukul 13.21

Sumber CNNIndonesia.com di RSCM mengatakan ada satu korban ledakan bom yang dibawa ke rumah sakit itu dengan paku di sekujur tubuhnya. Namun polisi belum mengkonfirmasi apakah ledakan ini berasal dari bom paku atau bukan.

Pukul 13.22

Alarm kebakaran di Gedung Skyline terus berdering. Gegana menyisir gedung.

Pukul 13.26

Polisi mengumumkan di lokasi kejadian bakal melakukan olah tempat kejadian perkara. Seluruh tim berkumpul dan melakukan koordinasi.

Pukul 13.30

Puluhan anggota Tim Gabungan Gegana, TNI, dan Polda dengan bersenjata laras panjang dan rompi antipeluru bersiap melakukan olah tempat kejadian perkara di kawasan Sarinah, termasuk Pos Polisi tempat ledakan pertama terjadi.

Mereka berkumpul di satu titik di depan Starbucks untuk berkoordinasi. Sementara Tim Reserse Kriminal Polda Metro Jaya mulai bergabung untuk berkoordinasi.

Pukul 13.40

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan teror di Jakarta menjadi prioritas Jokowi.

Pukul 13.46

Enam korban ledakan tiba di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, menggunakan ambulans terpisah. Belum diketahui identitas mereka.

Pukul 13.53

Wakil Kepala Kepolisian Komisaris Jenderal Budi Gunawan mengatakan ada kemungkinan pelaku teror Thamrin adalah kelompok ISIS.

Pukul 14.07

Polisi membawa kantong oranye di atas tandu keluar dari Gedung Cakrawala.

Pukul 14.15

Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan menyatakan total ada 16 korban. Dari 16 korban itu, empat ialah pelaku teror. Empat orang teroris itu telah tewas —dua karena bom bunuh diri, dan dua ditembak polisi.

Masih di antara 16 korban, di luar empat teroris yang tewas, tujuh korban lainnya berasal dari masyarakat. Dari tujuh warga itu, dua orang meninggal dunia dan lima orang luka berat. Di antara ketujuhnya, dua merupakan warga asing: satu kini dirawat di rumah sakit, sedangkan satu lagi tertembak teroris di depan Gedung Djakarta Theater. (pit/agk)

  CNN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...