Senin, 20 Juli 2015

[World] Sejarah Kapal Selam

Berawal dari Mimpi Berlebihan Selama setidaknya seribu tahun, mendominasi lautan telah menjadi langkah kunci menuju mendominasi dunia. Inggris, Perancis, Spanyol, Portugal dan Belanda mengobarkan perang di laut lepas selama berabad-abad dalam persaingan global untuk mengendalikan perdagangan, mengawal kapal atau menyebarkan kekuatan guna membentuk koloni.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris menjadi yang terkuat hingga menjelang abad ke-20. Kala itu para peniliti, ilmuwan dan pelaut dari seluruh dunia bermimpi untuk bisa menyelinap di antara kapal Inggris tanpa terdeteksi. Dan salah satunya adalah dengan menggunakan bawah laut alias menyelam.

Awalnya mimpi itu dianggap aneh bahkan berlebihan. Tetapi secara pelan namun pasti akhirnya mimpi itu menjadi kenyataan. Desan kapal selam mulai muncul. Dan seiring waktu kemudian kapal selam saat ini telah menjadi sebuah kekuatan penting militer sebuah negara serta satu simbol kekuatan negara tersebut.

Pada awalnya, kapal selam serangan pertama hanya terisi satu orang yang menggerakkan kapal selam tersebut dengan cara mendayung. Kapal terbuat dari kayu dan dilapisi kulit. Tentu saja waktunya sangat terbatas untuk bisa menyelam.

Hampir 200 tahun kemudian, perang dapat bertahan dalam air selama berminggu-minggu dan seolah tanpa batas dia bisa menyelam dan menempuh jarak ke berbagai penjuru dunia tanpa harus muncul ke permukaan. Dan terakhir, munculah teknologi kapal selam nuklir.

Sebuah kapal selam nuklir jelas memiliki mesin yang luar biasa. Bayangkan betapa sulitnya merancang sebuah kapal yang berada di bawah permukaan air mampu meluncurkan rudal balistik dan mempertahankan kehidupan awak penuh. Sementara satu atau dua reaktor nuklir yang penuh dengan risiko juga berada dalam mesin tersebut. Kali ini kita akan belajar tentang sejarah kapal selam nuklir, persenjataan dan kemampuannya yang menakjubkan.
Desain Pertama Karya Leonardo da Vinci Leonardo da Vinci membuat sketsa kapal selam primitif sekitar tahun 1515, dan pada tahun 1578, William Bourne merancang desain pertama kapal tersebut. Pada 1620, kapal selam pertama berhasil dibangun oleh Cornelius Drebbel dan diuji di Sungai Thames yang berhasil melakukan perjalanan selama tiga jam.

Setidaknya 14 desain kapal selam yang berbeda dipatenkan hingga 1727 [sumber: Brittanica]. Desain awal biasanya dimasukkan frame kapal selam kayu yang dilapisi kulit yang agar tahan air direndam minyak terlebih dahulu. Kapal digerakkan dengan dayung memanjang dari lambung untuk propulsi.

David Bushnell dari Amerika mengembangkan kapal selam militer pertama pada 1775, selama Revolusi Amerika. Kapal selam itu dinamakan 'The Turtle' dan digunakan pada tanggal 7 Juli 1776. Kapal itu berhasil menyelinap pada sebuah kapal perang Inggris dan memasang peledak ke lambung kapal musuh. Tetapi misi ini gagal. Dan untuk beberapa tahun kemudian membangun sistem pengiriman senjata di bawah air masih menjadi persoalan yang sulit dipecahkan.

Kapal selam pertama biasanya didorong dengan tangan yang menggunakan sistem engkol, dan strategi ofensif mereka adalah kemampuan untuk menyerang kapal di permukaan secara diam-diam, menempelkan bahan peledak di lambung kapal musuh dan melarikan diri sebelum ledakan. Walaupun mungkin terdengar sederhana, proses itu cukup sulit. Banyak kapal selam yang hanya dapat mengejar kapal perang musuh. Namun ketika menempelkan bahan peledak sangat rumit karena sulit untuk menembus lambung kapal menggunakan perangkat sekrup.

Pada Perang 1812, sebuah kapal selam yang mirip dengan The Turtle hampir bisa menyempurnakan bagian ini. Yakni dengan menempelkan bahan peledak dengan tali (sekrup besar vertikal sejajar terhubung dengan bahan peledak melalui tali). Alat peledak itu sempat menempel di sebuah lambung kapal Inggris. Tapi sekrup terlepas, memisahkan torpedo dari target yang dimaksudkan.

Selain itu kalaupun mampu menempelkan bahan peledak, melarikan diri sebelum terjadinya ledakan juga terbukti sama sulitnya. Awak HL Hunley, sebuah kapal selam yang digunakan oleh Konfederasi selama Perang Sipil, mengalami hal ini. HL Hunley menggunakan tiang panjang, atau lengan, untuk menahan dan melepaskan bahan peledak,dan berhasil menenggelamkan USS Housatonic. Namun, HL Hunley juga menjadi korban ledakan, dan seluruh awaknya meninggal pada 17 Februari 1864.
Kapal Selam Abad ke-19 Desain untuk kapal selam dengan mesin muncul di tahun-tahun setelah Perang Saudara. Pada tahun 1867, sebuah langkah penting dibuat dengan suksesnya peluncuran kapal selam pertama di dunia bertenaga uap, yang dinamakan Ictineo II, yang dibuat oleh bangsa Spanyol, Narcis Monturiol [sumber: Holian]. Perkembangan ini penting karena kapal selam nuklir dasarnya dikembangkan dari kapal bertenaga uap. (Seperti yang akan kita pelajari nanti, perbedaan utama adalah bahwa dalam kapal selam nuklir, uap yang dibuat oleh superheating air dengan menggunakan fisi atom. Sebaliknya, di mesin uap konvensional, kekuasaan yang dibuat oleh pembakaran batu bara).

Sebelum Perang Dunia I, Amerika Serikat memfokuskan armada kapal selam pada pertahanan pesisir. Dasar untuk kecepatan kapal selam diletakkan pada pergantian abad, banyak fitur dari kapal selam masa depan yang sudah digunakan. Insinyur terus men-tweak desain baling-baling, dirancang sistem baru untuk menggunakan air sebagai pemberat dan langkah yang dibuat terhadap pengembangan kapal selam diesel-listrik hybrid. Kapal selam didorong pada permukaan menggunakan mesin diesel, dan ketika berada di dalam air menggunakan tenaga listrik. Kombinasi ini menyimpan oksigen yang berharga di bawah air dan membantu menjaga integritas udara di dalam kapal selam.

Amerika Serikat menyadari bahwa desain kapal selam mereka tidak setangguh milik negara lain yang terlibat dalam Perang Dunia I. Dalam dekade antara Perang Dunia, AS kemudian menginvestasikan penelitian dan pengembangan yang menghasilkan peningkatan kualitas kapal sangat signifikan.

Salah satu perbaikan terbesar untuk kapal selam AS adalah bahwa mereka memungkinkan bergerak lebih cepat yang memungkinkan mereka untuk menemani dan melindungi armada angkatan laut saat mereka melakukan perjalanan di seluruh dunia. Armada kapal selam jarak jauh ini kemudian yang menjadi alat penghancur efektif armada Jepang di ajang perang Pasifik.

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat dan Uni Soviet mempelajari desain dari kapal selam Nazi U-Boat dan mengubah kapal selam mereka meniru teknologi kapal tersebut. U-Boat memiliki lambung efisien, yang membuat mereka bisa lari lebih cepat daripada kapal selam Amerika Serikat dan Uni Soviet. Mereka juga memanfaatkan snorkeling, yang pada dasarnya dua tabung. Satu tabung untuk mengisi udara bersih dan satu untuk membuat udara kotor. Hal ini memungkinkan kapal selam tetap terendam, bahkan ketika mesin diesel berjalan.

Dalam masa sesudah perang ini, kapal selam diesel-listrik lebih ramping dan efisien muncul. Karena biaya yang konstruksi rendah dan suara yang senyap, varian dari kapal selam selam diesel-listrik masih digunakan oleh angkatan laut di seluruh dunia hingga hari ini.

Angkatan Laut Amerika Serikat kemudian secara lebih berani mengolah teknologi kapal selam yang akan mengubah strategi dan taktik angkatan laut selamanya.
Kapal Selam Nuklir Amerika Serikat mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir pertama di dunia yang kemudian diberi nama Nautilus. Untuk kali pertama kapal ini melalukan perjalanan pada 21 Januari 1954. Berbeda dengan kapal selam diesel listrik (yang masih dalam pelayanan di seluruh dunia saat ini), Nautilus memiliki jangkauan hampir tak terbatas. Kapal selam ini juga bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama di dalam air karena tidak perlu permukaan untuk mengisi ulang baterai listrik. Nautilus dirancang untuk tetap dibawah air dan hanya sesekali timbul ke permukaan.

Rentang yang luar biasa dan manuver kapal selam nuklir mengubah secara radikal strategi dan taktik angkatan laut. Sementara kapal selam sebelumnya tetap mempertahankan pertahanan pesisir, kapal selam generasi baru ini bisa melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Hanya beberapa tahun setelah dimasukkan ke laut, Nautilus menjadi kapal selam pertama yang berlayar di bawah es Arktik, mencapai Kutub Utara pada 3 Agustus, 1958. Setelah mencapai Kutub Utara, Nautilus dirombak dan ditambah reaktor nuklirnya. Kemudian ia ditugaskan ke Armada Keenam pada tahun 1960. Pada saat ini, teknologi yang lebih maju sedang dikembangkan dan Nautilus berfungsi sebagai kapal pelatih sejak 1966.

Mampu melakukan perjalanan ke seluruh dunia memang bisa dilakukan. Tetapi kapal ini tetap memiliki risiko dihantam serangan musuh mengingat kapal selam itu bisa terdeteksi tidak hanya oleh kapal perang tetapi juga kapal komersial. Seiring waktu, kapal selam dipersenjatai dengan rudal balistik dengan hulu ledak nuklir. Beberapa tahun setelah Nautilus, Uni Soviet juga mulai mengembangkan kemampuan kapal selam nuklirnya sendiri.

Perkembangan kapal nuklir di dua negara ini memiliki kesamaan. Pertama, kapal selam memang telah didukung reaktor nuklir tetapi masih menggunakan senjata non-nuklir. Dari fase itu kemudian Amerika dan Soviet sama-sama mengembangkan kapal selam nuklir bersenjata rudal nuklir balistik. Uni Soviet tidak pernah memerintahkan kapal selam nuklir pertama sampai 1958, dan kapal selam tidak menyeberangi Kutub Utara sampai tahun 1962. Perkembangan kapal selam nuklir Soviet mengambil rentang waktu lima tahun dari desain awal hingga resmi masuk layanan. Kapal selam Soviet pertama seperti K-19 (dikenal sebagai “Widowmaker”), terganggu oleh masalah hingga mengakibatkan beberapa kecelakaan fatal. Uni Soviet meluncurkan kapal selam nuklir pertamanya dipersenjatai dengan rudal nuklir balistik pada tahun 1960, tahun yang sama dengan apa yang diapai Amerika. Sepanjang Perang Dingin, Uni Soviet merancang dan memproduksi kapal selam diesel-listrik tetapi dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir.
Kapal Selam Era Perang Dingin Kapal Selam SSBN

Kapal selam nuklir tidak dikembangkan secara eksklusif untuk digunakan dalam Perang Dingin. Kapal selam nuklir muncul sebagai akibat dari kemajuan teknologi meskipun penggunaannya kemudian tidak bisa terlepas dari Perang Dingin.

Pada saat Proyek Manhattan (sebelum Perang Dingin benar-benar dimulai), ada beberapa pembicaraan tentang kemungkinan menggunakan tenaga nuklir untuk mendorong kapal selam. Ide mempersenjatai kapal selam dengan rudal nuklir tidak datang sampai tahun 1960 ketika kapal selam George Washington diluncurkan.

Ketika energi nuklir dipahami sebagai sumber listrik untuk kapal selam, itu sudah ada. Tapi ketika angkatan laut mendapatkan kemampuan untuk meluncurkan hulu ledak nuklir dari kapal selam bertenaga nuklir, dunia telah menyentuh pada sebuah sistem kekuatan senjata yang paling kuat. Paling kuat dalam kekuatan maupun mobilitas.

Selama Perang Dingin, Angkatan Laut AS mengembangkan dua jenis kapal selam bertenaga nuklir. Yang pertama adalah kapal selam yang bisa meluncurkan rudal nuklir ke negara-negara lain, yang disebut Fleet Ballistic Missile Submarine juga dikenal sebagai SSBN atau “boomer.” Yang lainnya adalah Attack Submarine, dimaknai sebagai SSN, atau “serangan cepat.” SSBN berukuran lebih besar dibandingkan SSN hingga 560 kaki (170 m) panjangnya, sedangkan SSN dibangun dengan spesialisasi pada kecepatan dan ketenangan dengan panjang sekitar 360 kaki (109 m) panjangnya.

Kapal selam nuklir memiliki tiga peran utama selama Perang Dingin: Mereka melakukan patroli pencegahan strategis, memburu kapal selam lain dan melakukan operasi khusus.

Patroli pencegahan strategis – SSBN, atau “boomer,” memainkan peran penting dalam postur nuklir strategis Amerika Serikat. Kehadiran rudal nuklir di lokasi terus berubah dan kedalaman membuat kapal selam ini praktis dapat diatasi sebagai pencegah nuklir.

Memburu kapal selam – kapal selam Angkatan Laut dilengkapi alat untuk melacak, dan berburu – jika perlu – menghancurkan kapal selam musuh. Untuk melakukan hal ini SSN dilengkapi dengan anti-sub ranjau dan torpedo. Kapal selam ini ini masih menjadi mayoritas kapal selam nuklir Amerika hingga saat ini.

Sementara untuk operasi khusus, kapal selam yang memiliki rentang jarak jauh dan kecepatan tinggi menjadikan kapal selam ini sebagai pilihan utama untuk mengangkut tim operasi khusus, seperti tim SEAL Angkatan Laut masuk dan keluar dari wilayah musuh. Kapal Selam ini juga ideal untuk diam-diam memata-matai tes rudal asing, manuver armada, latihan perang angkatan laut dan aktivitas pesisir. Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut telah memperkenalkan kapal selam kelas baru, Guided Missile Submarine (SSGN) yang dipersenjatai dengan rudal jelajah dan dikonfigurasi untuk melayani tujuan operasi khusus rahasia AS. Karena angkatan laut sering harus mengambil bagian dalam latihan perang dan latihan angkatan laut lainnya, kapal selam menjadi alat sempurna untuk mengamati. Selain itu, setiap gerakan yang mencurigakan dari bahan atau tenaga masuk dan keluar dari pelabuhan negara lain dapat dideteksi oleh kapal selam nuklir.

Setidaknya enam negara saat ini mengoperasikan kapal selam nuklir: AS, Rusia, India, Prancis, Cina dan Inggris. Beberapa negara lain, seperti Brazil dan Pakistan, tertarik atau secara aktif berusaha untuk mengembangkan (atau pembelian) kemampuan nuklir kapal selam. Kapal selam nuklir akhirnya menjadi lambang prestise sebuah bangsa. Belum lagi soal kemampuan defensif dan ofensif yang memang mengagumkan.

Ketika banyak negara berusaha untuk memperoleh teknologi ini, angkatan laut harus memutuskan bagaimana untuk mengkonfigurasi ulang armada mereka sehingga muncul pertanyaan apakah negara itu membutuhkan kapal selam nuklir?.

  jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...